QUANTUM: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains
Vol 14, No 1 (2023): April 2023

PENERAPAN MODEL BLENDED LEARNING BERBANTUAN WHATSAPP UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PENGETAHUAN PESERTA DIDIK

Sari, Nindy Novita (Unknown)
Leny, Leny (Unknown)
Hamid, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model Blended Learning berbantuan WhatsApp untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar pengetahuan peserta didik pada materi sistem koloid SMAN 4 Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan berpikir kritis, hasil belajar pengetahuan peserta didik serta respon peserta didik terhadap pembelajaran sistem koloid menggunakan model Blended Learning berbantuan WhatsApp. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel pada penelitian ini adalah peserta didik di SMAN 4 Banjarmasin yang terdiri atas kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran sebagai variabel bebas serta keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar pengetahuan sebagai variable terikat. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non-tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan inferensial menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar pengetahuan peserta didik antara kelas eksperimen dan kelas control. Selain itu, respon peserta didik terhadap model blended learning berbantuan whatsapp mendapat respon baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

quantum

Publisher

Subject

Chemistry Education Physics

Description

Quantum is the Journal of Innovation Science Education, published by the Department of Chemistry Education, Faculty of Teacher Training and Education, University of Lambung Mangkurat. The journal is published twice a year in April and October, contains articles in the form of a review, the results ...