Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora
Vol. 1 No. 3 (2022): September : Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora

Konsep Kurikulum Berbasis Proyek Pelajar Pancasila

Alfi Mukhlis Kurniawan (Unknown)
Amalia Nurul Azizah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2022

Abstract

ABSTRAK Kurikulum berbasis proyek pelajar Pancasila merupakan sebuah konsep kurikulum yang mengintegrasikan nilai-nilai Pancasila dengan metode pembelajaran berbasis proyek. Konsep ini bertujuan untuk menguatkan pembentukan karakter dan meningkatkan keterampilan sosial, kreativitas, dan berpikir kritis siswa. Dalam kurikulum berbasis proyek pelajar Pancasila, siswa menjadi pusat pembelajaran dan diberikan kesempatan untuk mengambil peran aktif dalam pengembangan dan pelaksanaan proyek. Proyek-proyek yang didesain berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan masalah sosial aktual memberikan peluang bagi siswa untuk berkolaborasi, berkomunikasi, dan memecahkan masalah bersama-sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum berbasis proyek pelajar Pancasila dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, memperkuat pembentukan karakter, serta meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreativitas siswa. Oleh karena itu, konsep kurikulum ini dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan memfokuskan pada pengembangan keterampilan dan karakter siswa yang berkarakter Pancasila.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Dewantara

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Ilmu Sosial Ilmu Ekonomi Akuntansi Manajemen Kebudayaan Pendidikan Sejarah Pariwisata Gender Humaniora Seni Budaya Linguistik Sastra Filsafat Studi Agama Studi Media dan Komunikasi Berbagai bidang penelitian yang ...