Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 4 No. 04 (2023): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)

Efektivitas Konseling Solution Focused Brief Therapy Dalam Meningkatkan Self Efficacy Pada Penyandang Disabilitas Fisik

Intan Delsa Putri (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia)
Abdur Razzaq (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia)
Manah Rasmanah (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2023

Abstract

self efficacy merupakan salah satu bagian terpenting yang bertujuan untuk menentukan keberhasilan seseorang, dengan adanya self efficacy akan menunjukan seberapa besar tingkat keyakinan diri terhadap kemampuan dan mampu bertahan dalam situasi-kondisi sulit sekalipun. Permasalahan utama pada penelitian ini adalah rendahnya tingkat self efficacy pada penyandang disabilitas fisik di Sentra Budi Perkasa Palembang. Terdapat beberapa penyandang disabilitas fisik yang masih menjalani program pembinaan residensial di lembaga tersebut dengan tingkat self efficacy cenderung rendah, maka dari itu perlu adanya peningkatan self efficacy tersebut melalui konseling solution focused brief therapy. Pada penelitian ini digunakannya sebuah metode yakni jenis pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Penelitian ini melibatkan 10 orang subjek dengan kondisi keterbatasan fisik yang ditentukan dengan cara purposive sampling dari 21 orang penyandang disabilitas fisik di Sentra Budi Perkasa Palembang. Instrumen penelitian ini diadaptasi dari penelitian sebelumnya (odit, 2019) menggunakan skala likert. Hasil analisis menggunakan Uji Wilcoxon yang menunjukkan bahwa efektivitas konseling solution focused brief therapy dalam meningkatkan self efficacy (Z=-2.809: p 0.005 < 0.05). Berdasarkan hasil pada penelitian tersebut menunjukkan bahwa konseling solution focused brief therapy efektif dalam meningkatkan self efficacy penyandang disabilitas fisik. Hal tersebut dikarenakan adanya dampak yang subtansial dari perlakuan konseling solution focused brief therapy yang diberikan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...