Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)
Vol. 4 No. 04 (2023): Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi)

Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Di Kelas IV SD Inpres Lopana

Marien Pinontoan (Universitas Negeri Manado, Indonesia)
Claudia Pangemanan (Universitas Negeri Manado, Indonesia)
Yulmi Mottoh (Universitas Negeri Manado, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada pembelajaran IPS Materi Kenampakan Alam di Kelas IV SD Inpres Lopana. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Inpres Lopana yang berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. teknik pengolahan data melalui rumus persentase. Hasil yang dicapai pada siklus I adalah 64 % dan siklus II telah mencapai hasil 96 %. Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam pembelajaran IPS tentang kenampakan alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Lopana. Bertolak dari hasil penelitian ini diharapkan guru dapat menggunakan model pembelajaran yang bervariasi untuk lebih memotivasi siswa dalam belajar sehingga dapat memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

japendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice

Description

Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) is a peer-reviewed and open-access academic journal with a focus on education. This journal is published bi-monthly by CV. Publikasi Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi) provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within ...