Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 2 (2023): Innovative: Journal Of Social Science Research

Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas 2 Ditinjau Dari Prestasi Belajar Di SDN Kalicari 01

Refri Diantika Sari (Universitas PGRI Semarang)
Henry Januar Saputra (Universitas PGRI Semarang)
Widya Kusumaningsih (Universitas PGRI Semarang)
Christin Eniwati (SDN Kalicari 01)



Article Info

Publish Date
20 Apr 2023

Abstract

Gaya belajar adalah suatu cara yang dimiliki oleh individu untuk memperoleh, menyerap, mengatur dan mengolah informasi dalam proses pembelajaran. Prestasi belajar adalah bentuk skor atau nilai yang diketahui setelah dilakukan pengukuran dengan tes. Dalam proses pembelajaram siswa kelas 2A di SDN Kalicari 01, terdapat prilaku-prilaku siswa yang bervariasi, hal ini menunjukkan bahwa siswa kelas 2A di SDN KAlicari 01 mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana macam-macam gaya belajar siswa kelas 2A di SDN Kalicari 01 ditinjau dari hasil prestasi belajar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi tahap observasi, wawancara, dokumentasi dan pencatatan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa macam-macam gaya belajar siswa kelas 2A di SDN Kalicari 01 adalah gaya belajar visual sebanyak 13 siswa dengan presentase 46%, gaya belajar auditory sebayanyak 9 siswa dengan presentase 32%, dan gaya belajar kinestetik sebanyak 6 siswa dengan presentase 22%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...