Wildan
Vol. 1 No. 1 (2022): Wildan: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran

PENERAPAN METODE EKSPLORATORY DISCOVERYPADA HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDIT AZZAHRA WANAJAYA CIBITUNG

Mintarti Mintarini (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini mengenai penerapan metode Eksploratory Discovery pada hasil belajar IPA siswa kelas IV di SDIT Azzahra Cibitung. Kegiatan belajar mengajar tidak terlepas dari masalah sering sekali problem yang dihadapi dalam proses belajar mengajar adalah kecenderungan para siswa yang kurang antusias begitu pula dalam pembelajaran IPA yang dialami pada siswa kelas IV diSDIT Azzahra Cibitung. Untuk itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana para siswa dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi pelajaran IPA. Metode Eksploratory Discovery sebagai salah satu metode alternatif dalam pembelajaran IPA yang membawa siswa belajar dalam suasana yang lebih nyaman dan menyenangkan.Berdasarkan hasil penelitian setelah dilakukan penerapan metode Eksploratory Discovery dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV diSDIT Azzahra Cibitung. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Eksploratory Discovery pada mata pelajaran IPA sangat berpengaruh terhadap peserta didik sekolah dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

wildan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Wildan publishes research articles, case reports and review articles. Publications on Wildan cover the following topics: Early Childhood Education. Basic education Mathematics and Science Education. Guidance and Counseling Education. Education technology. Character building. Special Needs Education. ...