Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dalam peningkatkan hasil belajar servis backhand dalam permainan bulutangkis melalui metode inquiry pada siswa SMP Negeri 4 Ponrang Kabupaten Luwu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan di siklus I dan siklus II dan di rancang melalui empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan reflekasi. Subjek dalam penelitina ini adalan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Ponrang Kabupaten Luwu. Pengumpulan data kemampuan servis backhand dengan menggunakan lembar penilaian teknik sikap awal, sikap gerakan, dan sikap gerakan akhir serta lembar soal essay untuk penialain kognitif dan lebar observasi untuk penilaian afektif pada siklus I dan siklus II data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif. Hasil analisis Kuantitatif data hasil belajar servis backhand menunjukkan bahwa jumlah siswa yang tuntas pada siklus I adalah 16 orang dengan persentase 66,67 % d sedangkan pada siklus II Jumlah siswa yang tuntas 24 orang dengan persentase 100 %. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran servis backhand dalam permaian bulutangkis melalui metode inquiry dapat meningkatkan hasil belajar servis backhand dalam permainan bulutangkis pada siswa SMP Negeri 4 Ponrang kabupaten Luwu
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021