Sikap-sikap siswa yang dianggap negatif, guru menyampaikan bahwa sikap siswa itu buruk yang mencakup dalam tiga ranah yaitu: Pertama, siswa tidak mematuhi peraturan disekolah untuk tidak membawa smarphone disekolah, siswa juga tidak mematuhi peraturan sekolah untuk berpakaian rapih dan pantas, dan siswa tidak mematuhi peraturan sekolah karena berani menggunakan smarphone secara diam-diam dalam ruang kelas. Kedua, mengubah perilaku berkurangnya minat belajar dalam diri siswa, dan cara berkomunikasi dengan teman sejawat itu semaunya dan. Ketiga, berakhlak mulia hilangnya rasa malu dari dalam diri siswa, dimana siswa juga sudah tidak memiliki sikap sopan santun dalam bertutur kata dengan teman sejawat, dan siswa juga sudah tidak lagi menghormati guru. Berdasarkan masalahan tersebut maka peneliti bertujuan untuk mengetahui bagaimana Dampak dari Penggunaan Media Sosial Tik-Tok Terhadap Rendahnya Hasil Belajar Afektif Siswa SMAN 2 Woja Kelas XI IPS 2. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Hadirnya media sosial tik-tok di kalangan pelajar benar-benar membawa dampak negatif, terutama bagi siswa pengguna aktif tik-tok, dimana siswa hanya fokus dengan membuat konten tik-tok, pengaruh dari konten-konten yang dibuat oleh siswa seperti joget, dan mengikuti kata-kata yang tidak baik, sehingga membuat akhlak siswa hilang, rasa malu hilang, sikap sopan santun sudah tidak ada, membuat siswa malas belajar, sikap yang ditunjukan kepada siswa teman sejawat semaunya, sikap terhadap guru pun sesuka hati siswa pengguna aktif tik-tok. Media sosial tik-tok ini benar-benar berpengaruh negatif bagi siswa pengguna aktif media sosial tik-tok.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023