cover
Contact Name
Andi Prayudi
Contact Email
endompu@gmail.com
Phone
+6285253338343
Journal Mail Official
admin@jompu.org
Editorial Address
Jln. Ahmad Yani Lingkungan Seratalaka Kelurahan Dorotangga Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara barat
Location
Kab. dompu,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Media Pembelajaran
ISSN : -     EISSN : 29628695     DOI : -
Core Subject : Education,
Media Pembelajaran, Inovasi Pembelajaran, Implementasi Teori & Manajemen Pendidikan, Evaluasi Pembelajaran, Pengembangan Teknik, Model & Perangkat Pembelajaran, Teknologi Pendidikan, Evaluasi dan Pengembangan Kurikulum, Belajar dan Pembelajaran, Desain sistem Pembelajaran, serta Makalah Ilmiah Hasil Penelitian bidang Ilmu Pendidikan.
Articles 37 Documents
Literature Study: Leadership Style Principals Amirudin Amirudin; Ismail Ismail
Jurnal Pendidikan dan Media Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2022): Desember 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (228.984 KB) | DOI: 10.59584/jundikma.v1i1.1

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat gaya kepemimpinan kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian yang berupa studi kepustakaan (library research) atau studi literatur. Kepemimpinan mencakup metode memerintah dalam memastikan niat organisasi, memotivasi sikap partisipan untuk mencapai maksud, memerintah untuk meningkatkan kelompok dan budayanya. perguruan tinggi merupakan civitas akademika yang membutuhkan garda terdepan untuk memanfaatkan potensi yang ada di lingkungan sekolah. Sikap demokratis dilihat dengan pola sikap kewajiban yang tinggi dan aturan sikap toleransi yang tinggi. Pemimpin menerapkan sifat sangat memperhatikan, baik dalam cara mendongkrak kesejahteraan guru maupun karyawannya. Dalam kepemimpinan demokratis, kepala sekolah memainkan peran yang kuat dalam memastikan kewajiban dan tanggung jawab setiap tanaga pendidik dan karyawan, dan terus melakukan pengamatan dalam proporsi yang memadai. Kepala sekolah sebagai pemimpin tertinggi yang sangat berpengaruh dan menentukan kemajuan sekolah, harus memiliki kemampuan administratif yang memiliki komitmen dan keluwesan yang tinggi dalam melaksanakan tugasnya. Kepemimpinan kepala sekolah yang baik harus berusaha untuk meningkatkan kinerja guru melalui program pelatihan kemampuan staf instruksional. Oleh karena itu kepala sekolah harus memiliki kepribadian atau sifat dan kapasitas serta keterampilan untuk memimpin suatu lembaga pendidikan.
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Menggunakan Google Sites untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Andi Prayudi; Aan Ayu Anggriani
Jurnal Pendidikan dan Media Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2022): Desember 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.877 KB) | DOI: 10.59584/jundikma.v1i1.2

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis web di SMK IT O’o Dompu menggunakan Google sites  dengan tujuan mempermudah penyampaian materi teknologi jaringan berbasis WAN. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif-kualitatif dengan hasil: ahli media dan materi memperoleh persentase kelayakan 90%, respon siswa 93%, soal pre test 50%, dan soal post test 97%.dilihat dari hasil analisis data media pembelajaran interaktif berbasis web dikatakan layak dengan perolehan skor valid,efektif,dan praktis memenuhi nilai kelayakan. Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif berbasis video untuk meningkatkan prestasi belajar siswa yang dibuat menggunakan Google sites  layak digunakan sebagai alat bantu dalam mengajar.
Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Komputer dan Jaringan Dasar pada Kompetensi Keahlian Multimedia Ary Fauzy Nugraha; Burhanuddin; Andi Prayudi
Jurnal Pendidikan dan Media Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2022): Desember 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (266.82 KB) | DOI: 10.59584/jundikma.v1i1.3

Abstract

Animasi merupakan sekumpulan gambar yang disusun secara berurutan. Ketika rangkaian gambar tersebut di tampilkan dengan kecepatan yang memadai, maka rangkaian gambar tersebut akan terlihat bergerak. penenliti ini bertujuan membuat produk media video animasi pembelajaran pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar karena tidak adanya media video animasi pada pelajaran tersebut. Media pembelajaran video animasi ini akan menjadi suatu media pembelajaran alternatif media yang menarik bagi siswa saat dalam pembelajaran di kelas serta relatif mudah dalam penyampaianya. Setelah melakukan beberapa tahapan penilaian pada pengembangan dan perancangan media video animasi pembelajaran yang telah dikembangkan selanjutnya akan diterapkan pada sasaran yang sebenarnya. Setalah proses pembuatan produk dan kemudian produk yang dikembangkan akan divalidasi oleh 2 ahli yang terdiri dari ahli materi mendapatkan 76% dan ahli media pembelajaran sebesar 74%. Media video animasi pembelajaran diuji kepada siswa yang telah ditetapkan pada sampel penelitian. Data yang akan dikumpulkan pada tahap ini yaitu terkait dengan tingkat kepraktisan media pembelajaran melalui angket respon siswa, dan tingkat efektivitas melalalui tets pretest dan tes Postets. Berikut disajikan hasil implementasi media pembelajaran berbasis video. Kepraktisan media pembelajaran mendapatkan persentase sebesar 86% sedangkan efektifitas meningkat sebesar 20%.
Pengembangan Modul untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Dasar Desain Grafis Karina Oktavia Nurul Islamiah; Andi Prayudi
Jurnal Pendidikan dan Media Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2022): Desember 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.435 KB) | DOI: 10.59584/jundikma.v1i1.4

Abstract

Pengembangan modul pembelajaran dibuat secara khusus untuk berdasarkan analisis kebutuhan  guru dasar desain grafis di SMK IT Dompu. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangankan modul untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata belajaran dasar desain grafis di SMK IT. Jenis Penelitian ini menggunakan metode pengembangan ADDIE Model Research and Development (R&D). Penelitian pengembangan ialah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu. Teknik pengempulkan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, wawancara, tes, validasi, angket. Intrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi ahli perangkat dan ahli materi, angket respon siswa dan angket respon guru. untuk teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Berdasarkan penelitian pengembangan ini, maka diperoleh sebuah pengembangan modul yang layak dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan modul yang dibuat telah memenuhi kriteria diantaranya validasi ahli materi mendapatkan persentase 90% (sangat layak), validasi ahli perangkat sebesar 75% (layak), kepraktisan 80% (praktis) oleh guru dan 85% (praktis) oleh siswa, keefektifan perangkat oleh guru sebesar 90% (sangat efektif) dan siswa mendapatkan 85% (efektif).kemudian uji pre-test tidak lulus dengan persentase 60% sedangkan post-test sebesar 75% mendapat predikat lulus.
The Influence of Hypnosis Technique In Teaching English Towards Students’ Achievements Ismail Ismail; Juliana Indriani
Jurnal Pendidikan dan Media Pembelajaran Vol. 1 No. 1 (2022): Desember 2022
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.952 KB) | DOI: 10.59584/jundikma.v1i1.5

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh teknik hipnosis dalam pengajaran bahasa Inggris terhadap hasil belajar di SDIT AL-HILMI Dompu, penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif karena diperlukan data statistik dan bentuk angka. Responden penelitian ini adalah 30 siswa kelas V SD Islam Terpadu AL-Hilmi Dompu. Untuk mengumpulkan data, dilakukan tes siswa untuk menunjukkan prestasi siswa setelah belajar bahasa Inggris dan kemudian 18 item kuesioner diberikan kepada 30 siswa dan kemudian data dianalisis dengan menggunakan SPSS 16. Temuan utama dalam penelitian ini adalah hipnotis Teknik pengajaran yang digunakan oleh guru Bahasa Inggris di SDIT Al-Hilmi Dompu mempengaruhi prestasi belajar Bahasa Inggris siswa. Salah satu alasan mengapa teknik hipnotis dalam mengajar mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah karena teknik ini mampu mendorong siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Studi serupa sangat direkomendasikan untuk penelitian selanjutnya yang mengintegrasikan teknik hipnosis dan persepsi siswa dan guru tentang tehnik tersebut
Pengaruh Gadget dalam Penurunan Tingkat Penglihatan pada Remaja Andi Prayudi
Jurnal Pendidikan dan Media Pembelajaran Vol. 2 No. 1 (2023): April 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.171 KB) | DOI: 10.59584/jundikma.v2i1.6

Abstract

Latar Belakang: Berdasarkan survei yang telah dilakukan peningkatan anak yang telah menggunakan kacamata telah mencapai 10% khususnya pelajar di Kabupaten Dompu. Tahun lalu anak yang menggunakan kacamata disebabkan oleh faktor terlalu sering menggunakan smartphone mencapai 24% tetapi sekarang telah mencapai 10%. Kelainan ketajaman penglihatan pada anak usia sekolah merupakan masalah kesehatan yang penting. Deteksi dini dan publikasi mengenai prevalensi dan faktor yang berhubungan dengan kelainan tajam penglihatan pada pelajar sekolah dasar di Indonesia masih sangat jarang dilakukan. Metode: Peneliti menggunakan data base seperti Google Scholar, Pubmed, dan Pro-quest untuk mencari artikel penulis melakukan pencarian dengan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dengan kata kunci “gadget” “sharpness of vision/ketajaman penglihatan” dan “teenager/remaja”, untuk mencari artikel jurnal yang mencakup pada kata kunci dalam kurun waktu 2015-2020. Hasil: Dari 27 artikel yang ditemukan diantaranya menunjukan hasil bahwa terdapat pengaruh penggunaan gadget dengan penurunan ketajaman penglihatan pada remaja. Diskusi: Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang diperoleh para peneliti, berpendapat bahwa kemungkinan terdapat beberapa hal yang mempengaruhi ketajaman penglihatan anak, misalnya posisi penggunaan gadget, intensitas pencahayaan, usia dan genetik. Kesimpulan: Berdasarkan hasil dari studi literatur riview yang didapatkan oleh peneliti, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan gadget dengan penurunan ketajaman penglihatan pada remaja kelainan. Pada nilai hasil visus mata disebabkan bermain gadget yang buruk, bermain gadget yang buruk seperti tidak memperhatikan durasi penggunaan, frekuensi, dan jarak pandang menimbulkan resiko mata mudah lelah. Saran: Penelitian ini menunjukkan diperlukan penyuluhan tentang kesehatan mata dan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi tingkat ketajaman mata pada remaja sebagai tindakan pencegahan.
Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah (Review) Amirudin Amirudin; Norsuhaily Abu Bakar
Jurnal Pendidikan dan Media Pembelajaran Vol. 2 No. 1 (2023): April 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.201 KB) | DOI: 10.59584/jundikma.v2i1.7

Abstract

Penelitian ini bertujuan unntuk melihat gaya kepemimpinan kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian yang berupa studi kepustakaan (library research) atau studi literatur. Kepemimpinan mencakup metode memerintah dalam memastikan niat organisasi, memotivasi sikap partisipan untuk mencapai maksud, memerintah untuk meningkatkan kelompok dan budayanya. perguruan tinggi merupakan civitas akademika yang membutuhkan garda terdepan untuk memanfaatkan potensi yang ada di lingkungan sekolah. Sikap demokratis dilihat dengan pola sikap kewajiban yang tinggi dan aturan sikap toleransi yang tinggi. Pemimpin menerapkan sifat sangat memperhatikan, baik dalam cara mendongkrak kesejahteraan guru maupun karyawannya. Dalam kepemimpinan demokratis, kepala sekolah memainkan peran yang kuat dalam memastikan kewajiban dan tanggung jawab setiap tanaga pendidik dan karyawan, dan terus melakukan pengamatan dalam proporsi yang memadai. Kepala sekolah sebagai pemimpin tertinggi yang sangat berpengaruh dan menentukan kemajuan sekolah, harus memiliki kemampuan administratif yang memiliki komitmen dan keluwesan yang tinggi dalam melaksanakan tugasnya. Kepemimpinan kepala sekolah yang baik harus berusaha untuk meningkatkan kinerja guru melalui program pelatihan kemampuan staf instruksional. Oleh karena itu kepala sekolah harus memiliki kepribadian atau sifat dan kapasitas serta keterampilan untuk memimpin suatu lembaga pendidikan.
Pengaruh Teknik Hipnosis dalam Pengajaran Bahasa Inggris Terhadap Hasil Belajar Siswa Ismail Ismail; Juliana Indriani
Jurnal Pendidikan dan Media Pembelajaran Vol. 2 No. 1 (2023): April 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.738 KB) | DOI: 10.59584/jundikma.v2i1.8

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh teknik hipnosis dalam pengajaran bahasa Inggris terhadap hasil belajar di SDIT AL-HILMI Dompu, penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif karena diperlukan data statistik dan bentuk angka. Responden penelitian ini adalah 30 siswa kelas V SD Islam Terpadu AL-Hilmi Dompu. Untuk mengumpulkan data, dilakukan tes siswa untuk menunjukkan prestasi siswa setelah belajar bahasa Inggris dan kemudian 18 item kuesioner diberikan kepada 30 siswa dan kemudian data dianalisis dengan menggunakan SPSS 16. Temuan utama dalam penelitian ini adalah hipnotis Teknik pengajaran yang digunakan oleh guru Bahasa Inggris di SDIT Al-Hilmi Dompu mempengaruhi prestasi belajar Bahasa Inggris siswa. Salah satu alasan mengapa teknik hipnotis dalam mengajar mempengaruhi prestasi belajar siswa adalah karena teknik ini mampu mendorong siswa untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran. Studi serupa sangat direkomendasikan untuk penelitian selanjutnya yang mengintegrasikan teknik hipnosis dan persepsi siswa dan guru tentang tehnik tersebut
Analisis Dampak Media Sosial Tik-Tok Terhadap Rendahnya Hasil Belajar Afektif Siswa Mariati Mariati
Jurnal Pendidikan dan Media Pembelajaran Vol. 2 No. 1 (2023): April 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (207.083 KB) | DOI: 10.59584/jundikma.v2i1.9

Abstract

Sikap-sikap siswa yang dianggap negatif, guru menyampaikan bahwa sikap siswa itu buruk yang mencakup dalam tiga ranah yaitu: Pertama, siswa tidak mematuhi peraturan disekolah untuk tidak membawa smarphone disekolah, siswa juga tidak mematuhi peraturan sekolah untuk berpakaian rapih dan pantas, dan siswa tidak mematuhi peraturan sekolah karena berani menggunakan smarphone secara diam-diam dalam ruang kelas. Kedua, mengubah perilaku berkurangnya minat belajar dalam diri siswa, dan cara berkomunikasi dengan teman sejawat itu semaunya dan. Ketiga, berakhlak mulia hilangnya rasa malu dari dalam diri siswa, dimana siswa juga sudah tidak memiliki sikap sopan santun dalam bertutur kata dengan teman sejawat, dan siswa juga sudah tidak lagi menghormati guru. Berdasarkan masalahan tersebut maka peneliti bertujuan untuk mengetahui bagaimana Dampak dari Penggunaan Media Sosial Tik-Tok Terhadap Rendahnya Hasil Belajar Afektif Siswa SMAN 2 Woja Kelas XI IPS 2. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Hadirnya media sosial tik-tok di kalangan pelajar benar-benar membawa dampak negatif, terutama bagi siswa pengguna aktif tik-tok, dimana siswa hanya fokus dengan membuat konten tik-tok, pengaruh dari konten-konten yang dibuat oleh siswa seperti joget, dan mengikuti kata-kata yang tidak baik, sehingga membuat akhlak siswa hilang, rasa malu hilang, sikap sopan santun sudah tidak ada, membuat siswa malas belajar, sikap yang ditunjukan kepada siswa teman sejawat semaunya, sikap terhadap guru pun sesuka hati siswa pengguna aktif tik-tok. Media sosial tik-tok ini benar-benar berpengaruh negatif bagi siswa pengguna aktif media sosial tik-tok.
Perancangan Film Animasi Pendidikan dengan Menggunakan Adobe Flash Proffesional Cs6 Suryani Suryani
Jurnal Pendidikan dan Media Pembelajaran Vol. 2 No. 1 (2023): April 2023
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (386.228 KB) | DOI: 10.59584/jundikma.v2i1.10

Abstract

Film animasi pendidikan merupakan sebuah produk yang dirancang untuk membantu proses pembelajaran sehingga meningkatkan pengetahuan,keterampilan dan sikap mengenai toleransi. Masalah yang dijawab pada penelitian ini yaitu bagaimana merancang film animasi pendidikan. Produk ini dibuat menggunakan aplikasi Adobe Flash Profesional CS6. Dalam penelitian ini,model perancagan yang digunakan adalah model perancangan Research and Development (R & D). Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu menggunakan jenis data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif ini berasal dari saran, kritik dan komentar dari para ahli, guru dan siswa sedangkan untuk data kuantitatif berupa angka yang diperoleh dari angket penilaian produk yang dirancang. Data yang diperoleh dari data angket hasil uji coba ahli media, ahli materi, hasil uji coba guru dan hasil uji coba siswa yang dianalisis menggunakan rumus presentase kelayakan. Dari perhitungan tersebut dapat diperoleh nilai kelayakan oleh ahli media sebesar 80% dengan kategori layak dan ahli materi sebesar 74% dengan kategori layak. Produk film animasi pendidikan yang dirancang dinilai oleh ahli media dan ahli materi dinyatakan layak digunakan. Sedangkan untuk hasil respon guru mendapat presentase sebesar 87,3% dengan kategori sangat layak dan hasil respon siswa mendapatkan presentase kelayakan sebesar 82,7% dengan kategori sangat layak. Dengan demikian produk dikatakan sangat layak untuk digunakan. Setelah hasil uji coba ahli media, ahli materi, respon guru dan respon siswa dirata – ratakan memperoleh nilai sebesar 81% dengan kategori sangat layak. Dapat disimpulkan bahwa film animasi pendidikan dikatakan sangat layak untuk digunakan.

Page 1 of 4 | Total Record : 37