JS (Jurnal Sekolah)
Vol 2, No 4 (2018): SEPTEMBER 2018

KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN KEDUNGREJO 02 TUNJUNGAN BLORA

Ahlulieli Brilian Windi (Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang)
Dwi Prasetiyawati D. H (Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang)
Ari Widyaningrum (Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2018

Abstract

Abstrak : Keefektifan Model Pembelajaran Time Token Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas IV SDN Kedungrejo 02 Tunjungan Blora. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan menunjukan bahwa penggunaan model time token dapat meningkatkan pemahaman konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN Kedungrejo 02 Tunjungan Blora dapat dilihat dari presentase ketuntasan belajar siswa menunjukkan pembelajaran sebelum diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran time token sebanyak 16 siswa yang tuntas dengan persentase 57,14% dan 11 siswa yang belum tuntas dengan persentase 39%. Sedangkan setelah diberi perlakuan menggunakan model time token yang tuntas sebanyak 26 siswa dengan persentase 92,86% dan 2 siswa yang tidak tuntas dengan persentase 7%.Kata Kunci : Model Time Token, Pemahaman Konsep, Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

js

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JS (Jurnal Sekolah) berisi artikel yang berkaitan dengan pendidikan, yang meliputi pembelajaran, hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. JS (Jurnal Sekolah), dikelola oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan. JS (Jurnal Sekolah) ...