JS (Jurnal Sekolah)
Vol 5, No 3 (2021): JUNI 2021

PENERAPAN MODEL FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA 7 PADA SISWA KELAS III SDN TAYUWETAN 03

Devi Agustia Hartiningsih (PPG Prajabatan, Universitas PGRI Semarang)
Fine Reffiane (PPG Prajabatan, Universitas PGRI Semarang)
Karsono Karsono (PPG Prajabatan, Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2021

Abstract

Abstract: Application of the Flipped Classroom Model to Improve Learning Outcomes of Theme 7 for Class III Students at SDN Tayuwetan 03. This research is a classroom action research that aims to improve the learning outcomes of class III students on theme 7 “Technology Development” through the flipped classroom learning model. The subjects of this research were 32 students of class III SDN Tayuwetan 03. This research was carried out in 3 cycles, each cycle having 2 meetings. Each meeting consists of 4 stages, planning, implementation, observation and reflection. Based on the research results obtained, it can be concluded that there is an increase in learning outcomes for theme 7 in third grade students at SDN Tayuwetan 03 after using the flipped classroom learning model.Keywords: Flipped Classroom, Learning OutcomesAbstrak : Penerapan Model Flipped Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 7 pada Siswa Kelas III SDN Tayuwetan 03. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada tema 7 “Perkembangan Teknologi” melalui model pembelajaran flipped classroom. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Tayuwetan 03 sebanyak 32 orang. Penelitian ini dilaksanakan 3 siklus, masing-masing siklus 2 kali pertemuan. Setiap pertemuan terdisi dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar tema 7 pada siswa kelas III SDN Tayuwetan 03 setelah menggunakan model pembelajaran flipped classroom.Kata Kunci: Flipped Classroom, Hasil Belajar

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

js

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

JS (Jurnal Sekolah) berisi artikel yang berkaitan dengan pendidikan, yang meliputi pembelajaran, hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. JS (Jurnal Sekolah), dikelola oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan. JS (Jurnal Sekolah) ...