OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika
Vol. 1 No. 2 (2022): OMEGA

PENGEMBANGAN INSTRUMENT TES BERBASIS PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Minta Ito Simamora (Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Alwashliyah Medan)
Yumira Simamora (Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Alwashliyah Medan)
Lisa Monica Wau (Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Alwashliyah Medan)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes berbasis Problem Based Instruction (PBI) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI dengan materi sistem pertidaksamaan linear dua variabel (SPtLDV) . Model pengembangan ini digunakan pada penelitian ADDIE yaitu yaitu Analyze (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Hasil validasi instrumen tes mendapatkan penilaian baik dan sangat baik. Hasil validasi instrumen tes adalah 94% atau “Sangat Valid”. Dimana perolehan nilai rata-rata dari validator ahli satu yaitu 4,7 dan validator ahli dua 4,6. Diperoleh hasil dari keefektifan instrumen tes untuk kemampuan berpikir kritis dapat dilihat dari ketuntasan belajar dan ketuntasan belajar klasikal yang dinyatakan “Tuntas” pada kelas XI AGAMA 1 yang berjumlah 38 orang siswa di sekolah MAS Al Washliyah 12 Perbaungan. Ketuntasan belajar 89% dan ketuntasan Klasikal 82% pada siswa yang “Tuntas” sebanyak 31 siswa. dapat dinyatakan instrumen tes dapat mengukur kemampuan berpikir kritis siswa dan memenuhi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkpm

Publisher

Subject

Mathematics

Description

OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika adalah jurnal yang memuat hasil-hasil penelitian dan pembahasan di bidang pendidikan matematika yang meliputi pendidikan dan pengajaran, strategi pembelajaran, kurikulum, media pengajaran, metode pembelajaran, teknik pembelajaran. Jurnal ini diterbitkan ...