OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika
Vol. 1 No. 3 (2022): OMEGA

STUDI LITERATUR PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

Tiara Simanjuntak (Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Al-Washliyah Medan, Indonesia)
Minta Ito Simamora (Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Al-Washliyah Medan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan:(1) untuk mengkaji secara literatur pengaruh positif model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dan untuk mengetahui (2) untuk mengetahui apakah soal kemampuan komunikasi matematis siswa sesuai dengan indikator. Lokasi penelitian dilaksanakan di Perpustakaan Daerah Sumatera Utara jalan Brigjen Katamso No.45 K, Sei Mati, Medan Maimun. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi pustaka (library research) yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini diambil dari 6 jurnal mengenai pengaruh model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dan 2 skripsi mengenai kemampuan komunikasi matematis siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif. Hasil penelitian: (1) Terdapat pengaruh positif model pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa, dan (2) Soal-soal yang diterapkan telah sesuai dengan indikator kemampuan komunikasi matematis siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkpm

Publisher

Subject

Mathematics

Description

OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika adalah jurnal yang memuat hasil-hasil penelitian dan pembahasan di bidang pendidikan matematika yang meliputi pendidikan dan pengajaran, strategi pembelajaran, kurikulum, media pengajaran, metode pembelajaran, teknik pembelajaran. Jurnal ini diterbitkan ...