SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 6, No 1 (2023): January - Juny

Analisis Strategi dan Risiko dalam Ekspansi Bisnis Internasional Pada A&W

Yandi Suprapto (PPs STIE Amkop Makassar)
Melvin Melvin (Unknown)
Richmond Richmond (Unknown)
Adi Wilyanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 May 2023

Abstract

Bisnis internasional menjadi salah satu strategi perusahaan untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan keuntungan. Namun, bisnis internasional juga membawa risiko yang harus dihadapi oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi dan risiko yang dihadapi oleh A&W dalam menjalankan bisnis internasionalnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data sekunder dari hasil studi pustaka dan media online yang dilakukan dengan menggunakan search engine. Hasil penelitian menunjukkan bahwa A&W menerapkan strategi transnasional dengan mengadaptasi produk dan strategi pemasaran sesuai dengan kebutuhan pasar lokal. Namun, strategi ini juga membawa risiko seperti perbedaan budaya dan peraturan yang berbeda di setiap negara. Selain itu, risiko lain yang dihadapi oleh A&W adalah risiko politik, risiko ekonomi, dan risiko lingkungan. Untuk mengatasi risiko-risiko tersebut, A&W melakukan strategi diversifikasi produk, diversifikasi pasar, dan kerja sama dengan mitra lokal. Meskipun demikian, masih terdapat beberapa risiko yang tidak dapat dihindari sepenuhnya. Penelitian ini memberikan gambaran tentang strategi dan risiko yang dihadapi oleh A&W dalam bisnis internasionalnya. Hasil penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan dalam mengambil keputusan strategis dan memitigasi risiko dalam menjalankan bisnis internasional. Kata Kunci : A&W, Bisnis internasional, Strategi, Risiko, Globalisasi

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...