Jurnal Sitakara
Vol. 8 No. 1 (2023): Jurnal Sitakara

Pembelajaran Tari Kreasi Menggunakan Model Pembelajaran Explicit Instruction

Sulastri Astuti (Prodi Seni Pertunjukan, Universitas PGRI Palembang, Indonesia)
Deria Sepdwiko (Prodi Seni Pertunjukan, Universitas PGRI Palembang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertjuan untuk mengetahui hasil Pembelajaran Tari Kreasi menggunakan Model pembelajaran Explicit Instruction dan Mendeskripsikan proses pembelajaran Tari Kreasi menggunakan Model pembelajaran Explicit Instruction pada siswa di SMA Negeri 3 Sungai Lilin. Guna Mendekati masalahan ini di gunakan acuan teori dari Aris Sohimin dalam buku 68 model pembelajaran inovatif. Metode penelitian yang di gunakan peneliti adalah metode deskriptif kualitatif . Data-datai di kumpulkan melalui 1) Observasi 2) Dokumentasi 3)Wawancara, dan dianalisis secara dengan mencari data primer dan sekunder.Kajian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran tari kreasi dengan menggunakan model pembelajaran explicit instruction memberikan pengaruh atau efek yang positif untuk guru dan siswa dapat di lihat dari antusis siswa dalam mengikuti pembelajaran tari kreasi dan di lihat dari penilaian yang di peroleh siswa dari kelas XI.1 mendapatkan nilai rata-rata 85 sedangkan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 75. Kata Kunci: Tari Kreasi, Model Pembelajaran Explicit Instruction

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sitakara

Publisher

Subject

Arts Education

Description

Sitakara Journal provides a forum to publish original research-based articles related to art education dan culture. Those scientific articles are the ones which discusses culture art and philosophy of art, curriculum, methodology, teaching and learning media, learning approaches, comparison, ...