Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar dan kemampuan siswa dalam berpidato Bahasa Inggirs di SMP Panca Budi Medan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar, meningkatkan motivasi siswa dalan belajar, menambah wawasan guru, dan membuktikan bahwa memadukan beberapa metode mengajar seperti presentase, truth or dare serta reporting mampu meningkatkan hal- hal tersebut khususnya keterampilan berpidato siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Alat atau instrument yang digunakan adalah lembar pengamatan, angket, dan tugas praktik. Metode yang digunakan adalah metode penelitian Tindakan kelas (PTK). Data yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar nilai rata- rata siswa pada siklus 1 hanya 68. Namun pada siklus 2 nilai pencapaian keterampilan siswa meningkat menjadi 85. Hal ini membuktikan bahwa perpaduan metode dalam mengajar memang mampu meningkatkan keterampilan berpidato siswa SMP Panca Budi Medan
Copyrights © 2021