Naturalistic : Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 7 No. 2 (2023): Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran

Analisis Kemampuan Literasi Mahasiswa Dalam Meningkatakan Keterampilan Membuat Karya Tulis Ilmiah

Mia Nurkanti (FKIP, Universitas Pasundan, Bandung, Jl.Tamansari No. 4-8 Bandung)
Maesaroh Lubis (Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan keterampilan menulis ilmiah mahasiswa pada Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Pasundan Bandung dan mahasiswa Program Studi PGSD Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya pada semester ganjil tahun akademik 2021-2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan desain studi kasus. Partisipan yang terlibat dalam penelitian ini adalah dua kelas mahasiswa dari masing-masing program studi yaitu kelas A dan B Program studi Pendidikan Biologi Universitas Pasundan yang terdiri dari 62 siswa laki-laki dan perempuan yang dipilih secara sengaja. Kelas A dan B Program Studi PGSD yang berjumlah 71 mahasiswa. Setelah mahasiswa ditugaskan untuk menulis makalah secara berkelompok, setiap bagian tulisan mahasiswa tersebut dianalisis dan diberi skor. Hasil kegiatan menulis mahasiswa dipajang dan dipresentasikan dalam bentuk power point sebelum dikumpulkan sebagai tugas kelompok. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kemampuan menulis ilmiah mahasiswa masih rendah yang dibuktikan dengan rerata skor sebagai berikut ; Pendahuluan, 3,54; Masalah Penelitian, 3.05; Tinjauan Pustaka, 3.40, Presentasi Powerpoint, 3.4 dan Referensi (4.00).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

naturalistic

Publisher

Subject

Education

Description

Lingkup artikel yang diterima adalah: 1. Metodologi Pembelajaran (Pendekatan, Media, Metode, Model, Strategi) 2. Pedagogik 3. Filsafat Pendidikan 4. Psikologi Pendidikan 5. Kurikulum 6. Pendidikan Agama 7. Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pembelajaran, IPA, IPS, PKn, B. Indonesia, Matematika, B. ...