JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Partisipasi Orang Tua Berbasis Partnership Untuk Mendukung Profil Pelajar Pancasila

Nurul Miftah Sugeha (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo)
Oktaviani Sawitri (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo)
Shelsia Mayulu (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo)
Agustia Putri Salsabila (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo)
Abdul Rahmat (Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
21 Apr 2023

Abstract

Partnership disebut sebagai partisipasi fungsional dimana semua pihak yang terkait (pemerintah, masyarakat maupun stakeholder lainnya) dapat duduk berdampingan untuk bersama-sama merancang sebuah program. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui partisipasi orang tua melalui kemitraan (partnership). Dalam penelitian ini, pengambilan data melalui observasi, pengamatan, dan wawancara guru. Tujuan penerapan partisipasi berbasis partnership ini untuk menumbuhkan simpati orang tua untuk menjalin hubungan dengan sekolah secara insentif dan proaktif serta memberikan respon terhadap kegiatan yang dilaksanakan, menyusun program maupun memperlancar program dan juga untuk mewujudkan dengan memberikan pengalaman dan pengetahuan guna untuk kemajuan sekolah. Dengan partisipasi orang tua hasil belajar siswa meningkat, kemitraan orang tua dalam sekolah memberikan manfaat penting bagi prestasi siswa dan untuk kemajuan sekolah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...