JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Analisis Gaya Belajar Siswa Kelas V untuk Menentukan Pembelajaran Berdiferensiasi

Septyana Wulan Sari (Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Universitas PGRI Semarang)
Mei Fita Asri Untari (Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Universitas PGRI Semarang)
Titik Haryati (Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Universitas PGRI Semarang)
Susilo Adi Saputro (SDN Pandeanlamper 03)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beragamnya gaya belajar dan kita sebagai calon guru harus bisa membuat pembelajaran berdiferensiasi didalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui gambaran gaya belajar siswa, 2) mendapatkan gambaran tentang kecenderungan gaya belajar siswa dan 3). Mengetahui aktivitas guru dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi berbasis gaya belajar siswa. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SDN Pandeanlamper 03 Kota Semarang tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan teknik kualitatif dengan jumlah populasi 28 siswa.. Teknik analisis menggunakan teknik analisis deskriptif,. Hasil penilitian ini menunjukkan dari 28 siswa kelas VA terdapat 11 siswa yang memiliki gaya belajar visual, 9 siswa yang memiliki gaya belajar auditory, dan 8 siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...