Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 2 (2023)

Media Goodie Book untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun

Tri Asmawulan (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Lina Agustina (Pendidikan Biologi, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Dinda Kurnianingrum (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Novia Herawati (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2023

Abstract

Salah satu media yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran yang juga menarik untuk anak adalah goodie book. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran goodie book untuk meningkatkan aspek perkembangan motorik halus anak yang berusia 5-6 tahun. Penelitian ini dilakukan dengan metode RnD menggunakan model Borg and Gall. Analisis data diperoleh berdasarkan validasi instrument yang diperoleh melalui para ahli, yaitu ahli media, ahli materi dan juga user. Dari hasil perolehan validasi oleh ahli materi menunjukkan kriteria sangat baik dengan prosentase 90%. Sedangkan nilai dari ahli media juga menunjukkan kriteria sangat baik dengan prosentase 90%. Tahap selanjutnya yaitu uji coba lapangan terhadap produk goodie book yang diujikan terhadap 6 anak pada kelompok B dan juga telah dilakukan penilaian produk oleh guru kelas sebagai user. Melalui tahap uji coba tersebut diperoleh prosentase 85,5% yang menunjukkan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa goodie book merupakan media yang layak digunakan untuk pembelajaran motorik halus anak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...