Aulad : Journal on Early Childhood
Vol. 5 No. 1 (2022): Special Issue: Education (General)

Penerapan Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa PGSD UPI Kampus Cibiru

Fitriani, Desnita (Unknown)
Iyan, Acep (Unknown)
Iskandar, Mochammad Fahmi (Unknown)
Windayana, Husen (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2022

Abstract

Belajar merupakan suatu proses menerima dan memahami hal-hal baru. Proses belajar biasanya dilakukan melalui lembaga pendidikan formal seperti instansi pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengedukasi para pengajar tentang pentingnya penerapan manajemen kelas yang baik dalam proses pembelajaran. Manajemen kelas berusaha untuk meningkatkan interaksi kegiatan belajar mengajar dalam rangka untuk mewujudkan pembelajaran yang efektif. Keberhasilan pembelajaran dalam kelas tidak terlepas dari profesionalisme guru dalam hal pengelolaan kelas. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif untuk menjabarkan hasil analisis yang ada. Sumber data yang diperoleh berasal dari kajian literatur yang berkaitan dengan topik yang diteliti serta penelitian-penelitian terdahulu. Melalui penelitian ini diperoleh bahwa penerapan manajemen kelas dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa PGSD Kampus Cibiru karena suasana kelas sangat mempengaruhi kondisi emosional mahasiswa. Oleh sebab itu, para pengajar dituntut untuk memiliki kemampuan memanajemen kelas yang mumpuni agar mampu manarik perhatian mahasiswa dan membuat mereka lebih tertarik untuk belajar dengan kondusif selama proses pembelajaran berlangsung. Implikasi teoritis pada penelitian ini yaitu penerapan prinsip manajemen kelas dapat menciptakan suasana kelas yang kondusif dan mendukung proses pembelajaran, sehingga dapat berpengaruh pada tingginya motivasi belajar siswa di kelas. Selain itu, implikasi praktis pada penelitian ini yaitu hasil penelitian dapat digunakan sebagai masukan bagi guru dalam mengelola kelas menggunakan prinsip manajemen kelas

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

aulad

Publisher

Subject

Education Public Health Social Sciences

Description

Aulad : Journal on Early Childhood is a periodically scientific journal published by Program Studi PG-PAUD Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai Riau, Indonesia. The journal focuses its scope on the issues on Early Childhood. We invite scientists, scholars, researchers, as well as profesionnals to ...