Kegiatan pengabdian ini dilakukan berdasarkan adanya perbedaan kemampuan dalam membaca Al-Quran pada TPQ yang terletak di desa Ngroto. Keadaan sosial dan budaya yang ada pada suatu desa maupun pada lingkup yang lebih sederhana turut andil dalam pembentukan keagaaman setiap individu. Studi kasus pada dua dusun di desa Ngroto, Kabupaten Pujon menggambarkan bahwa setiap dusun memiliki tingkat spritual yang berbeda-beda. Hal ini berpengaruh terhadap kemampuan membaca Al-Quran siswa di TPQ Al-Hidayah. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran adalah metode UMMI. Implementasi metode UMMI bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran peserta didik pada dua TPQ di desa Ngroto. Metode yang digunakan pada pelaksanaan kegiatan tersebut adalah pengajaran secara tatap muka dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Hasil dari kegiatan yang dilaksanakan yakni penggunaan metode UMMI dalam proses belajar dan melakukan pemantauan perkembangan kemampuan peserta didik melalui buku prestasi siswa.
Copyrights © 2022