Euclid
Vol 9, No 2 (2022)

Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pemahaman Konsep Matematika Materi Limit Fungsi Aljabar Kelas XII Di SMK Manbaul Ulum

Diding Yadi Sahputra (Universitas Gunung Jati Cirebon)
Surya Amami Pramuditya (Universitas Swadaya Gunung Jati)



Article Info

Publish Date
04 Jul 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan pemahaman konsep pada materi Limit aljabar siswa kelas XII Program keahlian Farmasi Klinis dan Komunitas SMK Manbaul Ulum Cirebon. Subjek penelitian diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 3 orang siswa. Pemeriksaan validitas data dilakukan dengan triangulasi metode. Analisa data dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu observasi, test dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian bahwa analisis kesulitan pemahaman konsep matematika siswa kelas XII FKK pada materi Limit fungsi Aljabar  adalah sebagai berikut: (1) siswa belum mampu mengenal sifat sifat limit fungsi aljabar, (2) siswa masih mengalami kesulitan pada saat memfaktorkan soal limit fungsi aljabar dengan benar (3)  siswa belum mampu mengaitkan antar konsep yang terdapat pada soal.Kata kunci. Kesulitan Belajar, Pemahaman Konsep, konsep matematika

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Euclid

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

The aim of Euclid, p-ISSN 2355-1712 and e-ISSN 2541-4453, is to provide a national forum for sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of pure and applied mathematics, education, teaching, development, instruction, educational projects and ...