Euclid
Vol 6, No 2 (2019): Edisi Juli

Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA Melalui SQ3R

Runisah Runisah Runisah (Universitas Wiralodra)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji  peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang mengggunakan SQ3R. Penelitian ini merupakan penelitian  kuasi eksperimen yang melibatkan 72 siswa kelas X dari salah satu SMA di Indramayu, Jawa  Barat. Data dianalisis menggunakan uji t’,  Anova Satu jalur dan uji Scheffe. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa: 1) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang pembelajarannya menggunakan SQ3R lebih baik dari siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; 2) Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis  siswa yang mengunakan SQ3R dengan kemampuan awal  tinggi lebih baik dari siswa dengan kemampuana awal sedang, dan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa berkemampuan awal sedang lebih baik dari siswa berkemampuan awal rendah.Kata kunci.  berpikir kritis,  matematika,   SQ3R

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Euclid

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

The aim of Euclid, p-ISSN 2355-1712 and e-ISSN 2541-4453, is to provide a national forum for sharing, dissemination and discussion of research, experience and perspectives across a wide range of pure and applied mathematics, education, teaching, development, instruction, educational projects and ...