Tujuan penelitian ini untuk mengetahuidan mengidentifikasi kesulitan pembelajaran membaca puisi, peranan guru dan kendala guru dalampembelajaran membaca puisi dengan metode demonstrasi pada siswa kelas V SDN 2 Balewangi.Metode yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknikpengumpulandataberupaobservasi,wawancara,dandokumentasi.Pemeriksaan keabsahandatamenggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peran guru dalam pembelajaranmembaca puisi sudah terlihat sangat baik dibuktikan dengan kesungguhan guru. Guru bukan hanyamengajar secara klasikal, akan tetapi guru sudah memainkan perannya sebagai fasilitator denganmemfasilitasi siswa baik didalam kelas maupun diluar kelas. (2) Kendala guru dalam pembelajaranmembacapuisidisebabkanolehfaktorsiswadanfaktorguru.Kata Kunci: Analisis, Peran Guru, Membaca Puisi, Metode Demonstrasi
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021