Bale Aksara
Vol 4, No 1 (2023)

Analisis Implementasi Kurikulum 2013 dalam Mengembangkan Primary Abilities Siswa

Sulaeman Nurhakim (institut pendidikan indonesia)
Dea Asri Pujiasti (institut pendidikan indonesia garut)
Abdul Hakim (institut pendidikan indonesia garut)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2023

Abstract

Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Kecakapan dasar (primary abilities) merupakan modal awal yang harus dimiliki oleh peserta didik jenjang Sekolah Dasar (SD) karena kecakapan ini berkaitan dengan bagaimana cara peserta didik berperilaku atau bertindak apakah peserta didik bertindak secara intelegen atau tidak. Tujuan dari penelitian ini adalah 1).Untuk memahami bagaimana dokumen kurikulum SD Tahun 2013. 2). Untuk memahami bagaimana pelaksanaan kurikulum SD Tahun 2013 dalam pembelajaran membentuk kecerdasan dasar (primary abilities) siswa, 3). Untuk memahami bagaimana strategi penerapan kurikulum dalam mengukur kecerdasan dasar siswa (primary abilities), 4). Untuk memahami bagaimana pelaksanaan evaluasi kurikulum SD Tahun 2013.Penelitian ini dilakukan di SDIT Persis 99 Rancabango. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif desktriptif untuk menganalisis dn menggambarkan tujuan dari penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Dokumen kurikulum SD di SD IT Persis 99 Rancabango masih menggunakan kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013; (2) pelaksanaan Kurikulum SD dalam mengembangkan kecerdasan siswa melalui proses pembelajaran dilakukan dengan tahap analisis buku guru, kegiatan pendahuluan pembelajaran, kegiatan inti pembelajaran,dan kegiatan akhir pembelajaran; (3) strategi penerapan kurikulum 2013 dilakukan dengan pemenuhan secara bertahap fasilitas sekolah, sosialisasi kurikulum, pembinaan pembelajaran kepada pendidik, aktifitas peserta didik dalam mengikuti perlombaan; (4) Pelaksanaan evaluasi kurikulum SD Tahun 2013 dilakukan dengan cara penilaian hasil belajar dan penilaian khusus dari kepala sekolah; dan Implementasi kurikulum 2013 dalam mengembangkan kecerdasan siswa di SDIT Persis 99 Rancabango berkategori sangat baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

baleaksara

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus and Scope Artikel di Bale Aksara: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar IPI Garut harus mengikuti fokus dan ruang lingkup jurnal ini. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini dimaksudkan agar artikel tersaji sesuai bidang keahliannya. Adapuan fokus dan ruang lingkup tersebut diantaranya adalah: 1. ...