DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 7, No 1 (2023): April 2023

Pengembangan Media Interaktif “Tantangan Mystery Box” Materi Luas Bangun Datar untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Hartati Ramadhany Pasya (Universitas Pendidikan Indonesia)
Rosiana Mufliva (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dinda Ayu Lestari (Universitas Pendidikan Indonesia)
Natasha Andriani (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 May 2023

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada tahun 2022 di SDN Kabupaten Bandung kepada siswa kelas III menunjukkan hasil, tidak semua siswa menguasai materi bangun datar. Rendahnya hasil belajar siswa pada materi bangun datar tersebut disebabkan karena guru masih menggunakan cara konvensional dalam mengajarkan materi bangun datar. Pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif “Tantangan Mystery Box” materi luas bangun datar untuk siswa kelas III sekolah dasar serta untuk memperoleh gambaran mengenai kelayakan dan respon siswa terhadap media interaktif “Tantangan Mystery Box”. Penelitian ini menggunakan metode Design and Development dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 langkah, yaitu: 1) analisis, 2) perancangan, 3) pengembangan, 4) penerapan, dan 5) evaluasi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui, validasi ahli dan penilaian siswa. Hasil pengembangan menunjukan bahwa media interaktif “Tantangan Mystery Box” ini layak untuk digunakan dengan presentase sebesar 85,25% dengan kategori sangat layak menurut ahli materi, presentase sebesar 91,6% dengan kategori sangat layak menurut ahli desain, presentase sebesar 86,6% dengan kategori sangat layak dari hasil uji terbatas siswa, serta presentase sebesar 88,03% dengan kategori sangat layak dari praktisi pengajar. Simpulan dari pengembangan ini adalah media interaktif “Tantangan Mystery Box” layak digunakan untuk mempermudah siswa dalam memahami materi  khususnya luas bangun datar persegi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...