DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik
Vol 7, No 1 (2023): April 2023

Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Disiplin Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD di Gugus Lemah Lanang Tahun Ajaran 2021/2022

Endar Nunik Cahyawati (Universitas Terbuka)
Rokhmaniyah Rokhmaniyah (Universitas Sebelas Maret)
Ervin Azhar (Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
07 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini didasari oleh permasalahan prestasi belajar matematika yang belum memuaskan. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Disiplin Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD di Gugus Lemah Lanang Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu semua siswa kelas VI SD di Gugus Lemah Lanang Tahun Ajaran 2021/2022 sebanyak 178 orang. Sedangkan sampel penelitian ini yaitu 119 siswa yang ditentukan melalui teknik random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket dan dokumentasi, kemudian data dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan: (1) Tingkat Pendidikan Orang Tua memiliki pengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD di Gugus Lemah Lanang Tahun Ajaran 2021/2022; (2) Disiplin Belajar Siswa memiliki pengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD di Gugus Lemah Lanang Tahun Ajaran 2021/2022; (3) Tingkat Pendidikan Orang Tua dan Disiplin Belajar Siswa secara bersama-sama memiliki pengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD di Gugus Lemah Lanang Tahun Ajaran 2021/2022.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jdc

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik adalah jurnal yang dipublikasikan oleh Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun, Agustus dan Desember P-ISSN 2581-1843, E-ISSN 2581-1835. Jurnal mencakup penelitian dan gagasan ilmiah tentang ilmu pendidikan, pendidikan ilmu ...