Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar
Vol 2, No 1 (2019): Edisi Januari

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PERMAINAN LET’S PLAY

Apri Utami Parta Santi (Universitas Muhammadiyah Jakarta)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika khususnya materi tentang uang melalui penggunaan media permainan Let’s Play. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III B di SD Negeri Pengasinan 03 Depok, sebanyak 36 siswa. Data yang dikumpulkan melalui lembar observasi, tes tertulis dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Pengasinan 03 Depok, Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, khususnya kelas III. Penelitian ini dilakukan dengan metode siklus yang mengacu pada model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kemmis and Mc. Taggart sebanyak dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mata pelajaran matematika khususnya materi uang melalui penggunaan media permainan Let’s Play pada siklusnya mengalami peningkatan dari 44,44% pada siklus I menjadi 88,89% pada siklus II, sehingga telah mencapai kriteria keberhasilan yang diharapkan. Penggunaan media permainan Let’s Play dalam pembelajaran matemtika dapat membantu siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran dan melatih kerjasama dalam kelompok.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Caruban

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar menerima publikasi Guru SD, Dosen, serta pemerhati dan peneliti-peneliti pendidikan dasar dengan penerbit Universitas Swadaya Gunung Jati. Ruang lingkup meliputi: Studi Pendidikan dan Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pengajaran Ilmu ...