AbstrakTujuan penulisan makalah ini adalah untuk mengembangkan wawasan teoritis tentang Class Action Research. Secara teoritis Class Action Research dapat berkontribusi terhadap upaya meningkatkan kualitas pembelajaran. Sebab produk penelitian ini memberikan informasi praktis untuk mengatasi berbagai masalah hambatan belajar dan pembelajaran di kelas.  Makalah disusun melalui studi literature serta pengalaman penulis sebagai peneliti. Ada tiga hal penting yang dipaparkan dalam makalah ini. Pertama, konsep dan teori tentang Class Action Research. Kedua, menjawab pertanyaan bagaimana prosedur menyelenggarakan Class Action Research. Ketiga, mengeksplorasi keunggulan dari Class Action Research. Karena sifat dan karakteristiknya maka Class Action Research  dapat dikategorikan ke dalam jenis penelitian kualitatif, yang bersifat naturalistic, reflektif, kolaboratif dan cyclical. Keunggulan pendekatan jenis penelitian ini adalah memiliki meaningful yang langsung dapat dirasakan dan dipraktikkan dalam penyelenggaraan pembelajaran sehari-hari bagi seorang guru maupun dosen. Semakin sering guru atau dosen melakukan penelitian melalui pendekatan ini, akan semakin cepat guru atau dosen dalam memperkaya kompetensi pedagogisnya. Kata Kunci: Class Action Research; meaningful; penelitian kualitatif; naturalistic; reflektif; cyclical.
Copyrights © 2018