Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar
Vol 1, No 1 (2018): Edisi Januari

MENINGKATKAN KUALITAS PERMBELAJARAN MELALUI ACTION RESEARCH

Iin Wariin Basyari (Universitas Swadaya Gunung Jati)



Article Info

Publish Date
07 May 2018

Abstract

AbstrakTujuan penulisan makalah ini adalah  untuk mengembangkan wawasan teoritis tentang Class Action Research. Secara teoritis Class Action Research dapat berkontribusi terhadap upaya meningkatkan  kualitas pembelajaran. Sebab produk penelitian ini memberikan informasi praktis untuk mengatasi berbagai masalah hambatan belajar dan pembelajaran di kelas.   Makalah disusun melalui studi literature serta pengalaman penulis sebagai peneliti. Ada tiga hal penting yang dipaparkan dalam makalah ini. Pertama, konsep dan teori tentang Class Action Research. Kedua, menjawab pertanyaan bagaimana prosedur menyelenggarakan Class Action Research. Ketiga, mengeksplorasi keunggulan dari Class Action Research. Karena sifat dan karakteristiknya maka Class Action Research  dapat dikategorikan ke dalam jenis penelitian  kualitatif, yang bersifat naturalistic, reflektif, kolaboratif dan cyclical. Keunggulan pendekatan jenis penelitian  ini adalah memiliki  meaningful  yang langsung dapat dirasakan dan dipraktikkan dalam penyelenggaraan pembelajaran sehari-hari bagi seorang guru maupun dosen. Semakin sering  guru atau dosen melakukan penelitian melalui pendekatan  ini, akan semakin cepat guru atau dosen dalam memperkaya kompetensi pedagogisnya. Kata Kunci: Class Action Research; meaningful; penelitian kualitatif; naturalistic; reflektif; cyclical.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Caruban

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar menerima publikasi Guru SD, Dosen, serta pemerhati dan peneliti-peneliti pendidikan dasar dengan penerbit Universitas Swadaya Gunung Jati. Ruang lingkup meliputi: Studi Pendidikan dan Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pengajaran Ilmu ...