Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar
Vol 6, No 1 (2023)

Penerapan Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN 14 Batu Basa

Safrizal Safrizal (Universitas Islam Negeri Mahmud Yunus Batusangkar)
Putri Ayu Prima Dewi (Sekolah Dasar Negeri 14 Batu Basa)
Nurjani Nurjani (Institut Agama Islam Negeri Takengon)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2023

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS Siswa kelas V SDN 14 Batu Basa, Kecamatan Pariangan. Permasalahan ini dipicu oleh pelaksanaan pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah, sehingga menyebabkan siswa jenuh dan bosan dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS Siswa kelas V SDN 14 Batu Basa, Kecamatan Pariangan melalui penerapan pembelajaran dengan model mind mapping. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 14 Batu Basa, Kecamatan Pariangan sejumlah 16 orang siswa (4 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan 2 siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan atau tindakan, pengamatan, dan refleksi. Variabel penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang difokuskan pada ranah kognitif. Data diperoleh dari hasil tes berupa ulangan harian pada setiap akhir siklus. Agar data yang diperoleh dapat dipertanggungjawabkan maka analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 10 orang siswa (ketuntasan klasikal sebesar 62,5%) dengan nilai rata-rata 73,75, mengalami kenaikan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 14 orang siswa (ketuntasan klasikal sebesar 87,5%) dengan nilai rata-rata 84,06.  Selisih peningkatan jumlah siswa yang tuntas atau ketuntatasan klasikal sebesar 25%. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran mind mapping pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 14 Batu Basa, Kecamatan Pariangan.Kata Kunci: Teknik Mind Mapping, Hasil Belajar IPS , Ketuntasan Klasikal

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Caruban

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar menerima publikasi Guru SD, Dosen, serta pemerhati dan peneliti-peneliti pendidikan dasar dengan penerbit Universitas Swadaya Gunung Jati. Ruang lingkup meliputi: Studi Pendidikan dan Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pengajaran Ilmu ...