Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar
Vol 6, No 1 (2023)

Pemanfaatan Peta Konsep dengan Model Kooperatif pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah

Munawir Munawir (UIN Sunan Ampel Surabaya)
Dita Dwi Cahyani (UIN Sunan Ampel Surabaya)
Mery Sabilla Faqih Sabilla Faqih (UIN Sunan Ampel Surabaya)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2023

Abstract

Abstrak. Peningkatan keaktifan belajar peserta didik sangat diperlukan, karena itu pentingnya kegiatan tersebut dalam menghidupkan kembali proses pembelajaran sejarah kebudayaan islam yang berlandaskan konstruktivisme atau membangun ilmu yang mengutamakan kerjasama  siswa untuk apa yang dicapai bisa menjadi tujuan pemebalajaran peseta didik tersebut di dalam kelas. Adanya satu alternatif untuk membangun ativitas peserta didik tersebut dengan cara menggunakan model pembelajaran yang kooperatif dan dengan adanya model pembelajaran seperti ini peserta didik mampu meningkatkan kekatifannya kepada guru atau peseta didik lainnya. Seperti yang telah diterapkan dalam penelitian ini menggunakan beberapa  metode dan instrumen yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan kektifan belajar sejarah kebudayaan islam siswa secara kooperatif.Kata kunci: Pembelajaran, Kooperatif, Sejarah Kebudayaan Islam.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Caruban

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar menerima publikasi Guru SD, Dosen, serta pemerhati dan peneliti-peneliti pendidikan dasar dengan penerbit Universitas Swadaya Gunung Jati. Ruang lingkup meliputi: Studi Pendidikan dan Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pengajaran Ilmu ...