Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar
Vol 5, No 2 (2022): Juli

Implementasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Guna Meningkatkan Interaksi Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pembelajaran Tematik SD

Bestiana Nizhomi (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta)
Ana Fitrotun Nisa (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta)
Widowati Pusporini (Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2022

Abstract

Abstrak. Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan, diantaranya yaitu  kebijakan  pemerintah  untuk  menerapkan  pembelajaran  daring  di  masa  pandemi  covid  19  yang menimbulkan  beberapa permasalahan seperti, interaksi dosen dan mahasiswa yang kurang baik sehingga membuat kegiatan belajar mengajar cenderung menjadi pasif dan kurang efektif. Pada situasi yang seperti ini, pendidik harus berinovasi dan mengambil tindakan cepat agar pembelajaran  bisa  berjalan efektif kembali. Sebelum pandemi kegiatan belajar biasanya dilakukan di kampus diubah menjadi kegiatan Belajar Di Rumah  (BDR). Salah satu alternatif yang tepat di masa pandemi  ini yaitu penerapan model pembelajaran flipped classroom. Model pembelajaran ini dapat mengkombinasikan antara pembelajaran internal dikelas dengan pembelajaran diluar kelas atau kelas terbalik dengan maksud untuk memaksimalkan kegiatan pembelajaran mata kuliah Pembelajaran Tematik SD. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif.  Penelitian ini dilakukan bersiklus dengan tahapan tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki persepsi positif dalam semua komponen interaksi pembelajaran mata kuliah pembelajaran tematik SD menggunakan model pembelajaran flipped classroom.Kata Kunci: Model Pembelajaran Flipped Classroom, Interaksi Belajar,  Pembelajaran Tematik SD

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Caruban

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar menerima publikasi Guru SD, Dosen, serta pemerhati dan peneliti-peneliti pendidikan dasar dengan penerbit Universitas Swadaya Gunung Jati. Ruang lingkup meliputi: Studi Pendidikan dan Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pengajaran Ilmu ...