Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan ragam bentuk dan makna implikatur percakapan bahasa Indonesia antar guru sekolah dasar di Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yang sumber datanya yaitu dokumen dan peristiwa tutur. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui analisis dokumen dan observasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data dan teori. Analisis data meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 10 peristiwa tutur yang terdiri atas 55 tuturan dalam bentuk percakapan antar guru sekolah dasar di Kabupaten Cirebon, terdapat 9 tuturanĀ mengandung bentuk implikatur percakapan umum, 2 tuturan mengandung bentuk implikatur percakapan khusus, dan 2 tuturan mengandung bentuk implikatur percakapan berskala. Adapun ragam makna implikatur percakapannya, antara lain: mengajak, menolak, memberi tahu, menyuruh (memerintah), menjelaskan, dan mengingatkan.Kata kunci: Ragam implikatur percakapan, Bahasa Indonesia, guru SD, Kabupaten Cirebon.
Copyrights © 2022