Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan komik sebagai media pembelajaran matematika siswa kelas V SD dan untuk mengetahui kualitas komik ditinjau dari validitas dan kepraktisan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas komik yang dikembangkan antara lain lembar validasi dan angket kepraktisan. Produk dari penelitian ini berupa komik sebagai media pembelajaran matematika pada materi pecahan di kelas V SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kualitas komik dilihat dari aspek validitas termasuk dalam kategori valid dengan skor yang diperoleh dari ahli bahasa 28, ahli media 45 dan ahli materi 43; dan (2) Kualitas komik dilihat dari aspek praktis dikategorikan sangat praktis dengan skor keseluruhan yang diperoleh adalah 86 dan persentasenya 95%. Kata Kunci: Pengembangan, Komik, Media Pembelajaran, Sekolah Dasar Abstract. This study aims to develop comics as a medium for learning mathematics for fifth grade elementary school students and to determine the quality of comics in terms of validity and practicality. This research is a development research that refers to the ADDIE development model, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The instruments used to measure the quality of the developed comics include validation sheets and practicality questionnaires. The product of this research is comics as a medium for learning mathematics on fractions in fifth grade elementary school. The results showed that: (1) The quality of comics viewed from the aspect of validity was included in the valid category with scores obtained from linguists 28, media experts 45 and material experts 43; and (2) the quality of comics viewed from the practical aspect is categorized as very practical with the overall score obtained is 86 and the percentage is 95%.Keywords: Development, Comics, Learning Media, Elementary School
Copyrights © 2021