Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar
Vol 5, No 1 (2022): Januari

Pengaruh Model Pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environments) Berbasis Daring terhadap Kemandirian Belajar Siswa SD

Diyan Marlina (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2022

Abstract

Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan Model Pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environments) Berbasis Daring terhadap Kemandirian Belajar Siswa SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif nonequivalent control group desain dengan menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner. Penelitian dilakukan di kelas V dengan jumlah responden sebanyak 40 peserta didik terdiri dari 20 peserta didik di kelas kontrol dan 20 peserta didik di kelas eksperimen. Setelah data terkumpul dilakukan proses analisis data dengan menggunakan uji independent sample t-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 15,383 dan nilai ttabel sebesar 2,024. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa thitung (15,383) > ttabel (2,024) artinya terdapat pengaruh dalam penggunaan Model Pembelajaran SOLE (Self Organized Learning Environments) Berbasis Daring terhadap Kemandirian Belajar Siswa SD.Kata Kunci. SOLE (Self Organized Learning Environments), daring, kemandirian belajar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Caruban

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar menerima publikasi Guru SD, Dosen, serta pemerhati dan peneliti-peneliti pendidikan dasar dengan penerbit Universitas Swadaya Gunung Jati. Ruang lingkup meliputi: Studi Pendidikan dan Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pengajaran Ilmu ...