Journal Of Responsible Tourism
Vol 1 No 3: Maret 2022

KORELASI KUALIFIKASI TERHADAP ETOS KERJA KARYAWAN DI HOTEL NOVOTEL LOMBOK RESORT & VILLAS DI MANDALIKA KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Putri Ayu Marta Tila’ar (Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram)
Syech Idrus (Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram)
Ida Nyoman Tri Darma Putra (Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2022

Abstract

Sumber daya manusia merupakan sumber utama yang sangat penting bagi perusahaan. Untuk mewujudkan cita-cita perusahaan, maka perusahaan harus memiliki sumber daya manusia yang handal disetiap bidangnya. Salah satu untuk mendapatkan karyawan yang handal adalah menentukan rekrutmen dan seleksi yang baik. Oleh karena itu mendapatkan sejumlah pelamar yang memenuhi kualifikasi sering terjadi permasalahan bahwa calon pelamar yang memasukkan berkas lamarannya ke perusahaan banyak jumlahnya, tetapi banyak pula yang tidak memenuhi kualifikasi seperti kurangnya pengetahuan dalam bidang yang dilamar, masih kurangnya kepribadian dan sikap yang dalam berbicara dan menjalin hubungan baik dengan tamu hotel, serta masih banyak yang memiliki tingkat kejujuran yang rendah terhadap pimpinan. Jadi dengan adanya kualifikasi calon tenaga kerja ini penting untuk membantu bagaimana perusahaan akan mencapai tujuannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kualifikasi karyawan dengan etos kerja karyawan. Lokasi penelitian ini dilakukan di hotel Novotel Lombok Resort and Villas di Mandalika Kabupaten Lombok Tengah dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa kuesioner dan dianalisis menggunakan analisis korelasi Rank Spearman. Analisis ini untuk melihat hubungan antar variabel. Hasil penelitian bahwa kualifikasi memiliki hubungan secara signifikan terhadap etos kerja dan memiliki hubungan dengan kategori sedang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JRT

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

JRT for Journal Of Responsible Tourism, published by Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram. Published in two formats, print and online, print version and the online version. Both of which are published in March, July, and November . The scope of the journal studies broadly includes: Hospitality | Any ...