IJED
Vol. 2 No. 1 (2023): IJED: Islamic Journal Of Education

Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PAI

Wawan Setiawan (Unknown)
Siti Nurjanah Hadiati (Institut Agama Islam Persis Bandung)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Salah satu masalah yang terdapat dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam atau PAI berdasarkan kepada hasil penelitian yang telah dilakukan oleh Miss Bismee Chamaeng yaitu pendidik merasa dalam pembelajaran PAI hanya mempunyai tugas mengajar dalam artian ketika mereka selesai memberikan bahan ajar maka tugas mereka telah selesai, hal ini menyebabkan kurangnya perhatian  pendidik terhadap kondisi peserta didik termasuk terhadap motivasi belajar mereka, sehingga banyak peserta didik yang kurang berminat untuk mengikuti proses pembelajaran yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana impelementasi model pembelajaran berbasis masalah atau Problem Based Learning ini dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI, oleh karena itu peneliti mencoba meneliti hal tersebut dan sasaran dari penelitian ini ialah  peserta didik kelas X SMAN I Baleendah Kabupaten Bandung dan bagaimana  implementasi model tersebut serta apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode dalam lapangan melalui observasi dan wawancara kepada pendidik PAI sebagai pemegang kendali proses pembelajaran dan juga  bagaimana respon dari peserta didik melalui wawancara kepada mereka dan juga menggunakan angket sebagai pendukung, serta wawancara kepada perwakilan kepala sekolah dalam rangka mengetahui bagaimana kondisi para pendidik disekolah tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kelas X SMAN 1 Baleendah mampu meningkatkan motivasi belajar para peserta didik, hal ini berdasarkan kepada hasil wawancara yang dilakukan ditambah hasil dari angket yang diberikan kepada peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ijed

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Other

Description

IJED: Islamic Journal of Education is the leading journal in Islamic educational institutions concerning Islamic education. Islamic Journal of Education promotes research and scholarly discussion concerning the education practices in Islamic educational institutions internationally, both formal and ...