cover
Contact Name
Yusep Supriadi
Contact Email
supriadi@iaipibandung.ac.id
Phone
+6281221770776
Journal Mail Official
islamicedujournal@iaipibandung.ac.id
Editorial Address
Jl. Ciganitri No.2, Cipagalo, Kec. Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40287
Location
Kab. bandung,
Jawa barat
INDONESIA
IJED
ISSN : 28287908     EISSN : 28287894     DOI : https://doi.org/10.54801/ijed
IJED: Islamic Journal of Education is the leading journal in Islamic educational institutions concerning Islamic education. Islamic Journal of Education promotes research and scholarly discussion concerning the education practices in Islamic educational institutions internationally, both formal and non-formal education. Topics might be about Islamic educational studies in a madrasa, pesantren, Islamic higher education, and the worldviews upon the practices in those settings. 1. Leasson Plan 2. educational Psycology
Articles 37 Documents
Implementasi Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Kualitas Membaca: Di Sd Salman Al-Farisi Full Day School Bandung Siti Saodah; mustajab M Making
Islamic Journal of Education Vol. 1 No. 1 (2022): IJED: Islamic Journal Of Education
Publisher : Institut Agama Islam Persis Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (269.331 KB) | DOI: 10.54801/ijed.v1i1.1

Abstract

Implementasi Metode Tilawati dalam Pembelajaran Al-Qur’an untuk meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an  merupakan sebuah proses membaca ayat yang harus di hafal dengan sempurna dan menjadi sebuah kualitas bacaan yang baik. SD Salman Al-Farizi Full Day School merupakan sekolah dasar yang berbasis kurikulum metode setiap siswa dituntut untuk bisa membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode tilawati sebagai acuan agar siswa mudah dan fasih  dalam membaca Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara membaca Al-Qur’an dengan mudah dan untuk mengetahui bagaimana cara mentarjim bacaan Al-Qur’an sehingga bacaan Al-Qur’an menjadi bacaan yang berkualitas di SD Salman Al-Farisi Full Day School. Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan observasi lapangan yang merupakan penelitian kualitatif deskrifti. yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, dimana penelitian ini mendeskripsikan dan membuat pertanyaan pertanyaan yang diajukan secara mendalam terhadap subjek penelitian dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna daripada generalisasi, dengan metode pengumpulan data dengan wawancara kepada pembimbing tilawati di SD Salman Al-farisi. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa Implementasi Tahfidz Al-Qur’an dengan menggunakan Metode Tilawati sangat penting bagi hafalan siswa yang akan meningkatkan hasil prestasi belajar siswa. Dengan metode tilawati, SD Salman Alfarisi mencetak banyak lulusan yang fasih dalam membaca Al-Qur’an serta paham terhadap bacaan Al-Qur’an karena menguasai ilmu tajwid.
Penggunaan Game Edukasi Solite Kids Dalam Mengembangkan Kemampuan Keaksaraan Anak: Penelitian Pada Anak Kelompok B RA Persis 195 Al-Huda Jl. Jatinegara Kec. Batunungal Bandung Ana A’yunina; Euis Masruroh
Islamic Journal of Education Vol. 1 No. 1 (2022): IJED: Islamic Journal Of Education
Publisher : Institut Agama Islam Persis Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (485.157 KB) | DOI: 10.54801/ijed.v1i1.2

Abstract

Anak usia dini mulai dikenalkan dengan kegiatan belajar mengenal keaksaraan, sebagai persiapan anak untuk memasuki tahap selanjutnya di Sekolah Dasar (SD). Namun pada kenyataannya, tidak semua anak mampu melewati tahap belajar mengenal keaksaraan dengan lancar dan menyenangkan, tidak sedikit anak yang merasa jenuh, bosan atau frustasi dalam menjalani proses tersebut, maka diperlukan cara agar anak dapat mempelajari keaksaraan dengan cara yang lebih menyenangkan. Salah satu cara untuk mengenalkan keaksaraan adalah dengan menerapkan game Solite Kids. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan Game Edukasi Solite Kids, untuk mengetahui kemampuan mengenal keaksaraan pada Anak, dan untuk mengetahui faktor pendukung & penghambat dalam Penggunaan Game Edukasi Solite Kids Pada Anak Kelompok B RA Persis 195 Al Huda. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan datanya dengan melakukan observasi terhadap penerapan game Solite Kids pada siswa di rumah dan wawancara dengan orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan Game Edukasi Solite Kids kurang optimal, hanya 28,5% anak yang melakukan 20 kali pengulangan game. Kemampuan keaksaraan pun tidak ada peningkatan (konstan) sebanyak 85,71% . Dan dalam pelaksanaan game ini lebih banyak didapat faktor penghambat dibandingkan dengan faktor pendukung, hanya 28,5% yang merasakan ada faktor pendukung dalam pelaksanaan game ini. Anak sebenarnya tidak mengalami kesulitan dalam pelaksanaan game ini, namun anak tidak merasa tertarik dengan game ini. Banyaknya faktor penghambat menjadikan pelaksanaan game ini kurang optimal dan tidak memberikan peningkatan kemampuan keaksaraan yang signifikan.
Implementasi Aplikasi Smart School Al-Wafa Sebagai Media Pendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Pada Mata Pelajaran PABP Selama Pandemi Covid-19 Anggira Devia; Lalan Sahlani
Islamic Journal of Education Vol. 1 No. 1 (2022): IJED: Islamic Journal Of Education
Publisher : Institut Agama Islam Persis Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (349.75 KB) | DOI: 10.54801/ijed.v1i1.3

Abstract

Since the issuance of the Circular Letter of the Ministry of Education and Culture Number 4 of 2020 about Home Study Policy, the education system in Indonesia has undergone very drastic changes. Problems that arise during Studying at Home include: unpreparedness of students and teachers, unpreparedness existing systems in schools, and differences in devices and facilities owned by students. Educational institutions are required to be able to prepare an effective and efficient distance learning system for teachers and students then forces the community to be friendly with technology. The objectives of this research is: (1) to knowing learn planning through the Smart School Al-Wafa application, (2) to knowing the implementation of the Al-Wafa Smart School application, and (3) to knowing the supporting and inhibiting factors in implementing the Al-Wafa Smart School Al-Wafa application on PABP subjects at SMK Al-Wafa. This research was using a descriptive qualitative method with data collection techniques by observation, interview, and documentation of PABP teachers, headmaster, head of application developers, and 10 students. Based on the results of the study, it can be seen that PABP teachers at Al-Wafa Vocational School use the Al-Wafa Smart School application start from planning, learning, assessment, and evaluation during the Covid-19 pandemic conditions. Based on the data and the analysis, it can be concluded that (1) learn planning through Smart School Al-Wafa is the same as face-to-face learning but the process is digitized, (2) the implementation of Smart School Al-Wafa in the PABP subject has been able to accommodate learning activities well although it is necessary assisted by other companion applications, (3) the supporting factors are the network, devices, user capabilities, and the inhibiting factors are the practical material in the PABP subjects.
HUBUNGAN HAFALAN ALQURAN DENGAN KECERDASAN SPIRITUAL (SQ) (Studi Analisis Terhadap Siswa Kelas XI di Mu’allimin PPI 45 Rahayu) Salma Amalia Nurdini; Agung Mulyadin
Islamic Journal of Education Vol. 1 No. 2 (2022): IJED: Islamic Journal Of Education
Publisher : Institut Agama Islam Persis Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.464 KB) | DOI: 10.54801/ijed.v1i2.4

Abstract

The purpose of research are; (1) Explaining qurans memorize of XI students Mu’allimin PPI 45 Rahayu, (2) explaning spiritual intelligence (SQ) of XI students Mu’allimin PPI 45 Rahayu, (3) explaning isthere any relation between memorizing of quran dang spiritual intelligence (SQ) of XI students Mu’allimin PPI 45 Rahayu. The result of research that; (1) quran memorize of XI students Mu’allimin PPI 45 Rahayu was in sufficient category, in avarage value of 2,65 for partial analysis. That value is in interval 2,5-3,5, it menas the value was in sufficient category. (2) spiritual intelligence (SQ) of XI students Mu’allimin PPI 45 Rahayu is in sufficient category, in average value of partial analysis of 3,19. That value is in interval 2,5-3,5 and it means that value is categorized as sufficient. (3) as for correlation based on hypothesis test that t count = 7,20 > t table = 1,663. Therefor H0 was rejected and H1 was accepted, because there was a significant relation both of variables. As for correlation coefficient of 0.62 was in interval 0,600-0,799 including category of strong correlation.
Strategi Peningkatan Kemandirian Belajar Peserta Didik Melalui Program Edmodo Di Madrasah Aliyah Budi Agung; Deni Sopiansyah
Islamic Journal of Education Vol. 1 No. 1 (2022): IJED: Islamic Journal Of Education
Publisher : Institut Agama Islam Persis Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.78 KB) | DOI: 10.54801/ijed.v1i1.68

Abstract

Kegiatan pembelajaran di dalam kelas masih bersifat teacher center oriented, dimana guru merupakan pusat kegiatan belajar siswa di dalam kelas. Padahal seharusnya dengan perkembangan teknologi dan internet, tidak menutup kemungkinan dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang efektif dan menjadikan siswa mandiri dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara penggunaan kelas virtual Edmodo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Siswa yang menggunakan kelas virtual Edmodo merasa senang saat belajar. Semua fitur di dalamnya akan selalu bekerja dengan siswa baik melalui catatan, materi pembelajaran, atau kegiatan evaluasi yang diberikan oleh guru untuk melihat kemajuan belajar siswa. Peningkatan kemandirian belajar siswa di Madrasah Aliyah dapat dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas kelas virtual Edmodo sebagai media pembelajaran. yang membantu guru dan siswa dalam merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien.
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Peringatan Hari Santri Neuis Marpuah
Islamic Journal of Education Vol. 1 No. 1 (2022): IJED: Islamic Journal Of Education
Publisher : Institut Agama Islam Persis Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (239.281 KB) | DOI: 10.54801/ijed.v1i1.75

Abstract

Penguatan karakter tidak hanya dapat dilakukan melalui proses pembelajaran secara formal di ruang kelas, namun juga dapat dicapai melalui kegiatan-kegiatan positif yang juga memiliki tujuan-tujuan positif. Salah satu kegiatan yang dapat memberikan nilai pendidikan karakter terhadap siswa adalah peringatan hari santri nasional. Artikel ini mencoba untuk menganalisa nilai pendidikan karakter pada peringatan santri nasional. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah riset kepustakaan dan analisis isi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan karakter dalam peringatan hari santri, yang meliputi nilai karakter religius, nasionalis, integritas, mandiri, dan gotong royong.  
Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Peningkatan Bahasa (Menyimak) Anak Usia 5-6 Tahun Sekecamatan Cangkuang Naning Winangsih; Euis Masruroh
Islamic Journal of Education Vol. 1 No. 1 (2022): IJED: Islamic Journal Of Education
Publisher : Institut Agama Islam Persis Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (405.417 KB) | DOI: 10.54801/ijed.v1i1.85

Abstract

Anak usia dini merupakan individu yang unik dan memiliki karakteristik tersendiri sesuai dengan tahapan usianya. Bermain merupakan cara belajar yang sangat penting bagi anak usia dini. Selain melalui bermain metode bernyanyi merupakan salah satu cara untuk menstimulasi perkembangan bahasa anak usia dini. Dengan bernyanyi dapat menambah kosa kata anak usia dini sehingga dapat mengembangkan aspek perkembangan bahasa anak usia dini. Bernyanyi anak usia 5-6 tahun merupakan salah satu kemampuan yang penting untuk di kembangkan, namun kenyataannya masih banyak orangtua atau pendidik yang seolah menyepelekan kemampuan tersebut. Bahkan kecerdasan akademik dipandang lebih penting untuk dimiliki dan dikembangkan sehingga tidak sedikit orangtua yang rela mengeluarkan biaya besar demi mengikut sertakan anak-anaknya ke lembaga bimbingan belajar atau tempat les. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan bernyanyi dan anak usia 5-6 serta untuk mengembangkan kemampuan tersebut melalui memyimak dan berbicara.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif, yaitu suatu prosedur yang menggunakan jenis pendekatan eksperimen dan data deskriptif dari guru-guru yang dapat diamati serta di minta untuk menjawab beberapa pernyataan dalam bentuk angket. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa pengaruh metode bernyanyi terhadap kemampuan menyimak dan berbicara anak usia 5-6 tahun adalah sebesar (94%). Selain dari pada itu, masih ada faktor lain yang mempengaruhi terhadap kemampuan menyimak dan berbicara anak usia 5-6 tahun (3,7) yang masih memerlukan penelitian, yang dimana dari penelitian itu bisa terlihat peningkatan kemampuan menyimak dan berbicara anak dengan metode bernyanyi. Salah satu pengaruh bernyanyi terhadap kemampuan menyimak dan berbicara adalah anak bisa meniru dan mendengarkan nyanyian yang dinyanyikan oleh guru. Setelah metode bernyanyi di terapkan di RA/Tk Se Kecamatan Cangkuang maka diperoleh hasil bahwa ada peningkatan kemampuan menyimak dan berbicara anak usia 5-6 tahun. Dimana hal ini sejalan dengan harapan orangtua dan juga guru.
Edukasi Digital: Pembelajaran Ilmu Agama Islam Melalui Kanal Youtube Dalam Pandangan Tradisi Ilmu Sanad Azkia Falsa Annaba; Komarudin Soleh
Islamic Journal of Education Vol. 1 No. 2 (2022): IJED: Islamic Journal Of Education
Publisher : Institut Agama Islam Persis Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (306.217 KB) | DOI: 10.54801/ijed.v1i2.132

Abstract

The hectic movement off all aspects of life from traditional to modern with digitalization has made a very significant change in education , known as the digitalization of education. It contains several applications that help and make it easier for education actors to spread their knowledges but with this convenience it can provide the possibility of users accessing independently to get knowledge, without guidance, directly by a teacher, thus allowing accesors to think without direct direction from the teacher directly. From this situation, the situation is very different from the Sanad Science tradition which requires teachers and students to meet face-to-face, but with the current digital situation making it easy for access to study anywhere and to anyone, it is very important how the views of sanad science on the problem can become a measure for education actors, especially students or students, can be directed to proper education and is not mistaken even though they do not meet directly with the teacher concerned. The research method uses descriptive qualitative research methods whose results are non-numerical, by linking to several aspects of the theory that are relevant to the problem so that some conclusions can be drawn from the theory developed by reviewing aspects of the problem.
Implementasi media game Role Playing Game (RPG) untuk meningkatkan motivasi siswa pada mata pelajaran Akhlak Sehari-hari Imam Taufik Muslimin; Neuis Marpuah
Islamic Journal of Education Vol. 1 No. 2 (2022): IJED: Islamic Journal Of Education
Publisher : Institut Agama Islam Persis Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.867 KB) | DOI: 10.54801/ijed.v1i2.133

Abstract

Akhlak sehari-hari umumnya disamakan dengan budi pekerti, kesusilaan, sopan santun dalam bahasa Indonesia dan tidak berbeda pula dalam arti kata moral, ethic dalam bahasa inggris. Akhlak adalah suatu sifat yang tertanam dalam diri manusia sejak lahir dan selalu ada padanya Al-Qur’an sehingga baik atau buruknya akan memantul pada diri sendiri sesuai dengan pembentukan dan pembinaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara merencanakan game edukasi dengan menggunakan materi pelajaran yang terdapat di sekolah dan bagaimana cara implementasi serta dampak apa yang akan ditimbulkan dari hasil bermain game edukasi yang telah dibuat. Penelitian yang diteliti ini adalah game edukasi yang digunakan sebagai media baru dikarenakan media konveksional sudah mulai dikeluhkan oleh para siswa serta media game edukasi ini diuji cobakan untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripsi yaitu penelitian yang digunakan untuk menganalisis suatu keadaan/kondisi yang bersifat objektif serta kekurangan pemahaman peneliti dalam menggunakan metode kuantiatif yang berhubungan dengan angka dan angket dalam penelitian. Hasil penelitian membuktikan bahwa game edukasi yang dibuat dan di implementasikan dapat memotivasi belajar siswa karena game edukasi dapat meningkatkan fokus serta meningkatkan pengetahuan siswa terhadap materi yang disampaikan yang mampu diterapkan secara langsung. Maka dapat disimpulkan game edukasi yang dibuat dengan menggunakan materi akhlak sehari-hari dapat menjadi media pendamping baru yang bisa digunakan guru untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, game edukasi yang dibuat dapat langsung di implementasikan oleh guru kepada siswa dengan menggunakan komputer atau handphone dan dampak yang dihasilkan dapat langsung terlihat.
A PANDEMI COVID19 DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ONLINE DI SDIT PERSIS CIGANITRI Naih Nurjanah naih; Imas Nursanti Imas
Islamic Journal of Education Vol. 1 No. 2 (2022): IJED: Islamic Journal Of Education
Publisher : Institut Agama Islam Persis Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.355 KB) | DOI: 10.54801/ijed.v1i2.135

Abstract

This article discusses the covid19 pandemic outbreak that has occurred throughout the world, especially in Indonesia, which has implications for several government regulations and policies in various lines of social movement, especially in the field of education, one of which is schools. The teaching and learning process during the pandemic is carried out at home through distance learning or known offline through various media platforms or information technology devices such as E-learning, Quizzis, Google Classroom, Google Meet, Whatsapp, and others. The use of these devices has been applied at SDIT Persis Ciganitri, especially in the subjects that the author is researching, namely Islamic Religious Education (PAI). The research method used in this study is a qualitative approach while the type of this research method is descriptive. Aims to obtain in-depth and comprehensive information about the implementation of online learning on PAI subjects at SD Islam Terpadu Persis. As a result, the PAI learning process takes place using an E-learning strategy with the application of blended learning models such as lectures, exercises, assignments and demonstrations. There are three evaluation programs implemented, namely an assessment at the end of learning activities in the form of structured assignments and questions and answers, daily assessments carried out when one theme or KI/KD has been implemented, and end-of-semester and year-end assessments which are carried out at the end of each semester using google forms. Based on interviews and observations with schools, especially principals and PAI teachers, online learning is not without obstacles. There are supporting and inhibiting factors including teaching and learning activities that continue to run with the support of technological devices, but poor networks, large quotas, no parental guidance role, and the mentality of children who are not ready to learn online are the biggest obstacles in teaching and learning activities at home. Keywords: pandemic covid, PAI, SDIT Persis, online learning

Page 1 of 4 | Total Record : 37