Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 1 No. 1 (2018): Februari

PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Muntari Muntari (Unknown)
Agus Abhi Purwoko (Unknown)
Lalu Rudyat Telly Savalas (Unknown)
Wildan Wildan (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2018

Abstract

Tujuan utama dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk menjalin kolaborasi antara guru kimia di wilayah Narmada, Kabupaten Lombok Barat dan dosen Magister Pendidikan IPA Universitas Mataram dalam menerapkan pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dalam rangka implementasi kurikulum 2013. Dari kolaborasi tersebut diharapkan menghasilkan guru kimia yang terampil dalam menerapkan pembelajaran berbasis proyek (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan berpikir kritis siswa di SMA Negeri kelompok MGMP kimia wilayah Narmada Lombok Barat. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan menghasilkan produk berupa skenario pembelajaran berbasis proyek, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kegiatan proyek peserta didik (LKPP), dan alat evaluasi pembelajaran. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dengan pendekatan pelatihan, praktik pembelajaran, dan refleksi. Hasil yang diperoleh dari kegiatan tersebut adalah: (1) Pemahaman guru-guru kimia di wilayah tersebut terhadap model pembelajaran berbasis proyek cukup memadai, (2) Guru kimia di wilayah tersebut telah mampu mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis proyek berupa RPP, LKPP, dan alat evaluasi pembelajaran, dan (3) Implementasi pembelajaran kimia berbasis proyek akan dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Other

Description

PPM ini merupakan wadah publikasi ilmiah di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun kelompok masyarakat lainnya. Jurnal ini menerima artikel hasil pengabdian maupun pemberdayaan masyarakat pada semua bidang baik pendidikan, seni, sosial budaya, ekonomi, hukum, ...