Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 2 No. 1 (2019): Februari

WORKSHOP IMPLEMENTASI PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BERBASIS LESSON STUDY (LS) DI SD NEGERI 15 CAKRANEGARA

Ida Ermiana (Unknown)
Lalu Hamdian Affandi (Unknown)
Anindita Suliya Hangesti Mandra Kusuma (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2019

Abstract

Tujuan dalam kegiatan ini adalah adalah 1) memberikan pemahaman yang tepat mengenai implementasi Penelitian Tindakan Kelas berbasis Lesson Study, 2) membantu guru mengidentifikasi permasalahan pembelajaran yang dapat di perbaiki dengan implementasi Penelitian Tindakan Kelas berbasis Lesson Study. Kegiatan pengabdian ini dalam penyampaian menggunakan metode ceramah, tanyajawab, diskusi dan unjuk kerja saat workshop PTK berbasis lesson study, sehingga dihasilkan identifikasi masalah yang mengerucut pada latar belakang masalah dan judul penelitian yang sesuai dengan masalah yang teridentifikasi. Beberapa hal yang dapat ditindak lanjuti dari kegiatan pengabdian ini adalah kegiatan PTK berbasis Lesson Study sebaiknya dilakukan secara berkesinambungan dan berkelanjutan pendampingan yang intensif dari dosen (tim pengabdian) supaya kegiatan tidak selesai pada saat workshop; sebagai bentuk follow up kegiatan workshop sendiri; diperlukan pengukuran yang rutin untuk mengetahui dampak kegaitan PTK berbasis LS terhadap penyelesaian berbagai masalah yang ditemukan pada saat workshop; pelaksanaan Lesson Study dapat berhasil dengan baik, apabila guru mengerjakan dan mempraktikan sekaligus mengimplementasikan di kelasnya tentang semua program Lesson Study yang telah diikuti di MGMP maupun workshop; peran kepala sekolah sendiri yang memberi izin guru untuk ikut kegiatan MGMP, mengontrol dalam kehadiran guru dalam MGMP, memberi masukan pada saat dilakukan refleksi, dan terutama peran kepala sekolah yang memberikan dana untuk penyelenggaraan program Lesson Study.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Other

Description

PPM ini merupakan wadah publikasi ilmiah di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun kelompok masyarakat lainnya. Jurnal ini menerima artikel hasil pengabdian maupun pemberdayaan masyarakat pada semua bidang baik pendidikan, seni, sosial budaya, ekonomi, hukum, ...