Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 2 No. 2 (2019): Mei

PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENYUSUNAN RPS DAN RTM UNTUK DOSEN-DOSEN UNIVERSITAS NADHATUL ULAMA (UNU) NUSA TENGGARA BARAT

Dwi Laksmiwati (Unknown)
Wildan Wildan (Unknown)
Mumbrita Sulaimi (Unknown)
I Made Sujana (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2019

Abstract

Perkembangan berbagai kebijakan tentang pendidikan tinggi memaksa setiap perguruan tinggi (negeri maupun swasta) untuk terus berbenah. Pembenahan di semua lini beretujuan untuk meningkatkan kualitas lulusannya. Diberlakukannya Perpress 8/2012 tentang KKNI dan Permenrisekdikti No. 44/2015 tentang KKNI menuntu setiap program studi untuk melakukan rekonstruksi kurikulum dan mata kuliah. RPS dan RTM sebagai perencanaan pembelajaran wajib untuk direkonstruksi supaya bisa sejalan dengan KKNI dan SN-DIKTI. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatan kompetensi guru dalam menyusun RPS dan RTM dan mendampingi peserta dalam menyusun dokumen tersebut. Kegiatan dilaksanakan di UNU NTB dengan melibatkan 24 orang dosen dan pejebat di lingkungan UNU NTB didampingi oleh 4 orang dosen dari FKIP UNRAM. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk Pelatihan dan Pendampingan. Dari serangkaian kegiatan, beberap hal yang dapat disimpulkan antara lain: Kemampuan khalayak sasaran dosen-dosen UNU NTB telah meningkat yang ditandai dengan adanya peningkatan dalam menyusun CPMK sebelum kegiatan dilaksanakan dengan CPMK yang dihasilkan pada saat akhir kegiatan; dan Kegiatan presentasi dan pendampingan mampu memperbaiki kesalahan-kesalahan pemahaman pada sesi teori. Dengan melakukan praktek dan presentasi, khalayak sasaran lebih cepat mengenali kesalahan yang dibuat. Selain itu, presentasi dan diskusi menjadi bahan refleksi dan referensi bagi peserta lain.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Other

Description

PPM ini merupakan wadah publikasi ilmiah di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun kelompok masyarakat lainnya. Jurnal ini menerima artikel hasil pengabdian maupun pemberdayaan masyarakat pada semua bidang baik pendidikan, seni, sosial budaya, ekonomi, hukum, ...