Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 2 No. 2 (2019): Mei

PENDAMPINGAN PELAKSANAAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DI TK MUTIARA HATI MATARAM

Dwi Istati Rahayu (Unknown)
I Nyoman Suarta (Unknown)
Siti Mariana (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2019

Abstract

Belajar melalui bermain adalah prinsip yang penting dalam pengelolaan pembelajaran pada anak usia dini. Dengan bermain seluruh aspek perkembangan anak dapat terstimulasi. Oleh karena itu bermain untuk anak usia dini membutuhkan perencanaan yang matang. Tujuan pendampingan adalah  untuk meningkatkan kualitas pengelolaan pembelajaran di TK Mutiara Hati Mataram. Proses pendampingan menggunakan metode pengamatan, wawancara, Focus Group Discussion (FGD), dan workshop. Kegiatan dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu pengamatan awal pelaksanaan pembelajaran, FGD tentang pengelolaan pembelajaran, penyusunan dan revisi perangkat pembelajaran, pembuatan dan pengaturan media, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi. Setelah dilakukan pendampingan selama 5 minggu, proses pengelolaan pembelajaran meningkat. Intensitas dan frekwensi pendampingan dikurangi, dan perlahan menggunakan metode komunikasi jarak jauh. Namun pendampingan tetap dilakukan. Disarankan pada guru untuk terus meningkatkan kualitas pengelolaan pembelajaran, dapat menggunakan cara magang, workshop, atau pendampingan di lembaga.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Other

Description

PPM ini merupakan wadah publikasi ilmiah di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun kelompok masyarakat lainnya. Jurnal ini menerima artikel hasil pengabdian maupun pemberdayaan masyarakat pada semua bidang baik pendidikan, seni, sosial budaya, ekonomi, hukum, ...