Belajar melalui bermain adalah prinsip yang penting dalam pengelolaan pembelajaran pada anak usia dini. Dengan bermain seluruh aspek perkembangan anak dapat terstimulasi. Oleh karena itu bermain untuk anak usia dini membutuhkan perencanaan yang matang. Tujuan pendampingan adalahà untuk meningkatkan kualitas pengelolaan pembelajaran di TK Mutiara Hati Mataram. Proses pendampingan menggunakan metode pengamatan, wawancara, Focus Group Discussion (FGD), dan workshop. Kegiatan dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu pengamatan awal pelaksanaan pembelajaran, FGD tentang pengelolaan pembelajaran, penyusunan dan revisi perangkat pembelajaran, pembuatan dan pengaturan media, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi. Setelah dilakukan pendampingan selama 5 minggu, proses pengelolaan pembelajaran meningkat. Intensitas dan frekwensi pendampingan dikurangi, dan perlahan menggunakan metode komunikasi jarak jauh. Namun pendampingan tetap dilakukan. Disarankan pada guru untuk terus meningkatkan kualitas pengelolaan pembelajaran, dapat menggunakan cara magang, workshop, atau pendampingan di lembaga.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019