Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat
Vol. 2 No. 4 (2019): November

PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN TENTANG PERSIAPAN AKREDITASI DAN DAMPAKNYA BAGI KESIAPANNYA DALAM MENYONGSONG AKREDITASI

Edy Herianto (Unknown)
Rispawati Rispawati (Unknown)
Dahlan Dahlan (Unknown)
Bagdawansyah Alqardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2019

Abstract

Meski disadari bahwa akreditasi adalah proses reguler yang harus dilakukan oleh satuan pendidikan agar dapat dikategorikan sebagai lembaga yang layak untuk menyelenggarakan pendidikan, pada kenyataannya masih banyak ditemukan satuan pendidikan di madrasah (ibtidayah & tsanawiyah) di Kota Mataram masih belum memperhatikan hal ini secara seksama. Kegiatan sosialisasi ini adalah kepala dan guru madrasah se-Kota Mataram. Madrasah yang dipilih merupakan satuan pendidikan yang akan mengajukan akreditasi, yakni tingkat ibtidayah dan tsanawiyah. Masing-masing satuan pendidikan terdiri dari 10 madrasah, dimana setiap madrasah diwakili oleh seorang kepala madrasah dan 2 orang guru sebagai panitia akreditasi sekolah/madrasah. Dengan demikian, secara keseluruhan diperoleh 30 orang sebagai peserta kegiatan. Pada akhir kegiatan dilakukan post test terhadap peserta untuk mengetahui sejauhmana tingkat pemahaman peserta atas akreditasi dan model-model pengembangan apa saja yang diperlukan/diharapkan oleh sekolah/madrasah dalam menyiapkan dirinya menyongsong proses akreditasi. Pada akhir kegiatan dihasilkan artikel ilmiah terkait pelatihan & pendampingan tentang persiapan akreditasi sekolah dan dampaknya pada kesiapan menyongsong akreditasi.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPPM

Publisher

Subject

Education Other

Description

PPM ini merupakan wadah publikasi ilmiah di bidang pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh dosen maupun kelompok masyarakat lainnya. Jurnal ini menerima artikel hasil pengabdian maupun pemberdayaan masyarakat pada semua bidang baik pendidikan, seni, sosial budaya, ekonomi, hukum, ...