Lesson Study for Learning Community merupakan salah satu pola pembelajaran yang dikembangkan di Jepang sebagai upaya dalam meningkatkan kualifikasi pendidik dan kualitas pembelajaran yang didasarkan pada asas kolaboratif (saling membantu dan saling belajar). Guru-guru di SDN 6 Mataram yang mengikuti Workshop Internasional Pendidik Penggerak Pembelajaran Reflektif Melalui Transcript Based Lesson Analyses (TBLA) memerlukan pendampingan tindak lanjut kegiatan workshop pada bagian perancangan desain pembelajaran khususnya bagian penyusunan One Paper RPP. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini dilaksanakan untuk memberikan pendampingan penyusunan desain pembelajaran melalui lesson study for learning community. Kegiatan pengabdian dilaksanakan melalui metode penyuluhan dan pendampingan dengan tatap muka dan tetap mengutamakan protokol kesehatan. Di akhir kegiatan masing-masing guru diberikan kesempatan untuk memberikan umpan balik terhadap jalannya kegiatan. Berdasarkan hasil rangkuman umpan balik yang diberikan oleh guru-guru dapat ditarik kesimpulan bahwa kegiatan pendampingan penyusunan desain pembelajaran melalui Lesson Study for Learning Community memberikan wawasan baru kepada guru-guru di SDN 6 Mataram dalam menyusun desain pembelajaran, serta penyusunan One Paper RPP yang sesuai dengan tuntutan Merdeka Belajar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021