Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan
Vol. 1 No. 3 (2022): September : Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan

Pelaksanaan Supervisi Tenaga Pendidik di SD Negeri 1 Lawang Kidul, Muara Enim

Febriyanti Febriyanti (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Zulkipli Zulkipli (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Cyndi Uswatun Chasanah (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Ibrahim Ibrahim (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
29 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pelaksanaan Supervisi Tenaga Pendidik di SD Negeri 1 Lawang Kidul, Tanjung Enim Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan”. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pelaksanaan supervisi tenaga pendidik di SD Negeri 1 Lawang Kidul serta untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan supervisi tenaga pendidik di SD Negeri 1 Lawang Kidul, Tanjung Enim Kabupaten Muara Enim. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Jenis pendekatan penelitian adalah deskriptif kualitatif. Data dianalisis dengan menggunakan cara reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan supervisi tenaga pendidik di SD Negeri 1 Lawang Kidul melaksanakan kegiatan supervisi di tiap awal semester mulai dari melakukan pengarahan dan persiapan supervisi, melakukan pengawasan, pemberian motivasi dan bimbingan terhadap para guru, serta melakukan penilaian dan tindak lanjut terhadap hasil supervisi para guru. Adapun faktor pendukung pelaksanaan supervisi terdiri dari keadaan atau kondisi guru, keahlian dan kecakapan kepala sekolah, serta lingkungan atau budaya sekolah yang kondusif. Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan supervisi terdiri dari beban kerja guru dan kepala sekolah, terbatasnya waktu kepala sekolah, dan respon para guru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sidu

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Pendidikan usia dini. Pendidikan Dasar. Pelajaran kedua. Pendidikan yang lebih tinggi. Pendidikan Karakter. Pendidikan non formal. Pendidikan Informal. Pendidikan Inklusi, dan Pendidikan Luar Biasa Lainnya (Bencana, Kemasyarakatan, Anti Korupsi, Bela Negara, dll). Sosial Humaniora ...