JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED
Vol 3, No 2 (2015): HANDAYANI JOURNAL

UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI 101776 SAMPALI

Wesly Silahi (Unknown)
Dwi Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS melalui Pendekatan Kooperatif Model Jigsaw. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dimulai dari freetes siswa yang tuntas sebanyak 6 orang dengan persentase ketuntasannya 24,47% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 34 orang dengan persentase tidak tuntasnya 75,53% (2) nilai rata-rata pada siklus I pertemuan pertama adalah 62,5, siswa yang tuntas sebanyak 15 orang dengan persentase ketuntasannya 46,52% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 25 orang dengan persentase tidak tuntasnya 53,48% (3) nilai rata-rata pada siklus I pada pertemuan kedua adalah 76, siswa yang tuntas sebanyak 31 orang dengan persentase ketuntasannya 82,89% dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 9 orang dengan persentase tidak tuntasnya 17,11% (4) nilai rata-rata pada siklus II adalah 88,12, siswa yang tuntas sebanyak 37 orang dengan persentase ketuntasannya 95,42 dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 3 orang dengan persentase tidak tuntasnya 4,58%. Kata Kunci :   Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw, Memahami Koperasi

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JH

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Handayani memuat artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang pendidikan, pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal disingkat Handayani JH, dikelola oleh program studi pendidikan guru sekolah dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan. JH diterbitkan ...