JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED
Vol 12, No 2: December 2021

ANALISIS KESULITAN GURU PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS RENDAH DALAM KURIKULUM 2013 DI SDN MEDANG KABUPATEN TANGERANG

Intan Zahralia Suprapto (Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tangerang)
Erdhita Oktrifianty (Dosen Universitas Muhammadiyah Tangerang)
M Azdi (Dosen Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2021

Abstract

Abstract : This research is a descriptive qualitative research which is intended to examine and analyze the data objectively according to the data found in the field. Then the data collected from the research results are described in the form of words. Informants in this study were low grade teachers and school principals. Data collection techniques used are observation, interviews and documentation. The results of this study aim to find out what are the difficulties of teachers in thematic learning in low grades. There are teacher difficulties in learning, namely planning problems, implementation problems and assessment problems. Keywords : Analysis of Teacher Difficulties in Thematic Learning. Abstrak : Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dimaksudkan untuk mengkaji dan menganalisis data secara objektif sesuai data yang ditemukan dilapangan. Kemudian data yang terkumpul dari hasil penelitian di deskripsikan dalam bentuk kata-kata. Informan dalam penelitian ini adalah guru kelas rendah dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu obervasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kesulitan guru dalam pembelajaran tematik di kelas rendah. Terdapat kesulitan guru dalam pembelajaran yaitu problem perencanaan, problem pelaksanaan dan problem penilaian.Kata Kunci : Analisis Kesulitan Guru dalam Pembelajaran Tematik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JH

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Handayani memuat artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang pendidikan, pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal disingkat Handayani JH, dikelola oleh program studi pendidikan guru sekolah dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan. JH diterbitkan ...