JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED
Vol 4, No 2 (2015): HANDAYANI JOURNAL

MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPA SISWA KELAS IX-A DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERBANTUKAN MEDIA REALIA SMP NEGERI 1 LUBUK PAKAM

Muhamad Mahmud (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2016

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa kelas IX-A tentang materi pewarisan sifat setelah diterapkannya model pembelajaran Problem Posing di kelas IX-A SMP Negeri 1 Lubuk Pakam tahun pelajaran 2014/2015. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX-A SMP Negeri 1 Lubuk Pakam dengan jumlah 40 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) ketuntasan penguasaan konsep siswa meningkat, terbukti dari hasil tes siswa ketuntasan pembelajaran naik sebesar 37,5%. Pada Siklus I rata-rata nilai tes 55,5 dengan ketuntasan pembelajaran 50% dan pada Siklus II rata-rata nilai tes 78 dengan ketuntasan pembelajaran naik menjadi 87,5%, 2) aktivitas belajar siswa meningkat setelah penerapan model pembelajaran Problem posing dengan aktivitas pada Siklus I antara lain membaca dan menulis 39%, mengerjakan LKS 32%, bertanya sesama teman 19%, bertanya kepada guru 5%, dan yang tidak relevan dengan kegiatan belajar mengajar (KBM) 5%. Sedangkan aktivitas siswa pada Siklus II antara lain membaca dan menulis 33%, mengerjakan LKS 37%, bertanya sesama teman 19%, bertanya kepada guru 7%, dan yang tidak relevan dengan kegiatan belajar mengajar (KBM) 4%.Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Problem Posing, Siswa

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JH

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Handayani memuat artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang pendidikan, pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal disingkat Handayani JH, dikelola oleh program studi pendidikan guru sekolah dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan. JH diterbitkan ...