Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Cikande pada tahun ajaran 2019/2020, yang bertujuan untuk melihat pengaruh self-efficacy dan kecemasan matematika terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Jenis penelitian yaitu penelitian korelasional dengan metode kuantitatif. Penelitian ini melibatkan lima kelas yang terdiri dari 158 siswa sebagai sampel penelitian. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMPN 1 Cikande sebanyak 291 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa instrumen tes kemampuan penalaran matematis, instrumen non tes berupa skala self-efficacy dan skala kecemasan matematika. Hasil penelitian menggunakan uji regresi linear sederhana memberikan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara self-efficacy terhadap kemampuan penalaran matematis siswa sebesar 8,11%, serta tidak terdapat pengaruh yang negatif dan signifikan antara kecemasan matematika terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Sedangkan hasil penelitian menggunakan uji regresi linear berganda memberikan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara self-efficacy dan kecemasan matematika secara bersama-sama terhadap kemampuan penalaran matematis siswa sebesar 9,74%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020